cari sesuatu om? ketik disini aza yaw

Saturday, March 24, 2012

Penggunaan Mean, Median, dan Modus (2)

Bingung mau pilih mean, median, atau modus?

Kalau kita menyebut kata rata-rata atau rerata, kemungkinan besar kita lebih condong untuk mempergunakan mean. Kalau kita ingin nilai tengah, maka kita berbicara median. sedangkan apabila kita ingin nilai yang paling sering muncul, kita menggunakan modus.

Mean adalah total semua data dibagi jumlah data. Mean digunakan ketika data yang kita miliki memiliki sebaran normal atau mendekati normal (berbentuk setangkup, nilai yang paling banyak berada ditengah dan makin besar semakin sedikit, makin kecil makin sedikit pula, nilai-nilai ekstrim yang besar maupun yang kecil hampir tidak ada).

Median adalah nilai yang berada ditengah-tengah data setelah diurutkan dari yang terkecil sampai terbesar. Median cocok digunakan bila data yang kita miliki tidak menyebar normal atau memiliki nilai yang berbeda-beda secara signifikan.

Misalnya ada yang 10.000 ada yang hanya 2, sedangkan distribusi nilai yang besar dan yang kecil tidak sama atau berat sebelah. Lebih banyak yang besar dan sedikit yang kecil atau sebaliknya. Selain itu juga memiliki banyak pencilan (outlier) yang nilainya sangat jauh dari nilai data yang lain. Median sangat cocok digunakan pada data seperti ini karena tidak terpengaruh oleh perbedaan data yang besar, karena median memilih nilai yang paling tengah setelah diurutkan, sehingga tidak tertarik ke atas jika ada data yang sangat besar.

Modus adalah nilai yang sering muncul. Jika kita tertarik pada data frekuensi, jumlah dari suatu nilai dari kumpulan data, maka kita menggunakan modus. Modus sangat baik bila digunakan untuk data yang memiliki sekala kategorik yaitu nominal atau ordinal.

Skala kategorik adalah data yang bukan angka. Data berskala nominal artinya tidak ada urutan yang lebih tinggi antara satu denga nyang lainnya. misalnya warna: merah, kuning, hijau. Merah diberi nilai 1, kuning 2, hijau 3. 1 tidak lebih kecil dari 2, sedangkan 3 tida lebih besar dari dua. Yang kita inginkan adalah data berapa banyak yang bernilai 1 (merah), berapa banyak bernilai 2 (kuning), dan berapa banyak yang bernilai 3 (hijau). Apabila yang paling banyak muncul adalah 2, maka modusnya 2 atau kuning.

Sedangkan data ordinal adalah data kategorik yang bisa diurutkan, misalnya kita menanyakan kepada 100 orang tentang kebiasaan untuk mencuci kaki sebelum tidur, dengan pilihan jawaban: selalu (5), sering (4), kadang-kadang(3), jarang (2), tidak pernah (1). Apabila kita ingin melihat ukuran pemusatannya lebih baik menggunakan modus yaitu yaitu jawaban yang paling banyak dipilih, misalnya sering (2). Berarti sebagian besar orang dari 100 orang yang ditanyakan menjawab sering mencuci kaki sebelum tidur.

Sudah jelas kan........

Kesimpulan:

Mean: Data yang normal

Median: Data tidak normal, banyak /pencilan outlier, data sangat besar/kecil

Modus: Data kategorik: Nominal or Ordinal

No comments:

Post a Comment

BAGI ANDA YANG MEMPUNYAI BLOG, SILAHKAN BERKOMENTAR MENGGUNAKAN NAME/URL... KOMENTAR MENGGUNAKAN ANONIM ATAU BROKEN LINK TIDAK AKAN SAYA RESPON DAN AKAN SEGERA DIHAPUS.