cari sesuatu om? ketik disini aza yaw

Sunday, March 11, 2012

MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CIPEUCANG KABUPATEN PANDEGLANG


LAPORAN AKHIR
PENELITIAN TINDAKAN KELAS


MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CIPEUCANG KABUPATEN PANDEGLANG














Oleh
……………………………..
NIP. …………………………..



Dibiayai oleh
Swadana Peserta PTK yang diselenggarakan oleh
Forum Ilmiah Guru (FIG) Kabupaten Pandeglang
Bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
(LPPM) Untirta Banten




PEMERINTAH KABUPATEN PANDEGLANG
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 1 CIPEUCANG
2009
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS


1. Judul Penelitian
Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Cipeucang Kabupaten Pandeglang
2. Peneliti
  1. Nama Lenngkap
  2. Jenis Kelamin
  3. Pangkat / Golongan /NIP
  4. Asal Sekolah
  5. Alamat Rumah

H. Dadi Mulyadi, S.Pd
Laki-laki
Pembina / IV.a /
SMP Negeri 1 Cipeucang
Jl. Raya Labuan Km 14.
Kp. Cipeucang               Ds.
Kec. Cipeucang             Kab. Pandeglang
No. Telp / HP. 
3. Lama Penelitian
3 Bulan
Januari - Maret 2009
4. Biaya yang diperlukan
 Swadana
                       
Diketahui                                                                    Pandeglang,      April 2009
Kepala SMP Negeri 1 Cipeucang                                           Peneliti
                                                                                   


H. Dadi Mulyadi, S.Pd                                              H. Dadi Mulyadi, S.Pd
NIP.                                                                            NIP.

Diketahui

 Pembimbing,                                                              Co Pembimbing
                                               


Drs. H. Sholih, M.Pd                                                 Dra. Wahyuni
NIP. 131656724                                                         NIP. 131959489

Ketua LPPM Universitas Sultan Ageng Tirtayasa




Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd.
NIP. 131411828
ABSTRAK

Sejauh ini mata pelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa, termasuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cipeucang. Hasil belajar yang dicapai siswa pada tahun-tahun sebelumnya selalu dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rendahnya hasil belajar siswa yang dicapai dapat disebabkan oleh motivasi siswa untuk belajar IPA kurang, proses pembelajaran atau  sarana belajar yang kurang memadai. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan aktivitas siswa sehingga memudahkan siswa memahami konsep-konsep IPA. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilakukan 2 (dua) kali pertemuan. Pada siklus I menunjukan peningkatan prosentase aktivitas siswa, pada pertemuan pertama 36 % dan pertemuan kedua 68 %. Sedangkan di siklus II pertemuan pertama 72 % dan pertemua kedua 88 %. Hasil belajarpun mengalami peningkatan di siklus I ketuntasan belajar 76 %, sedangkan disiklus II ketuntasan belajar 84 %, disamping itu tanggapan siswa juga positif terhadap model pembelajaran kooperatif  tipe jigsaw ini terlihat dari angket yang dijawab siswa yang merasa senang dengan model pembelajaran ini.



Kata kunci : Motivasi ; Hasil Belajar ; Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.









KATA PENGANTAR
            Syukur Alhamdulillah peneliti panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan taufik, dan hidayah-Nya, sehingga peneliti dapat menyelesaikan laporan penelitian ini.  Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada junjunan kita Nabi Muhammad SAW, kepada keluarganya, para sahabatnya, dan para pengikutnya yang setia sampai akhir zaman.
Penelitian ini berjudul “Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cipeucang Kabupaten Pandeglang”.
Permasalahan yang menjadi latar belakang penelitian ini dilandasi oleh pengalaman peneliti selama mengajar lebih kurang 25 tahun, ternyata diperoleh temuan masih rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.  Sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, melalui pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cipeucang tahun pelajaran 2008-2009.  Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPA konsep Energi dan Usaha dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. 
Selanjutnya, peneliti menyampaikan ucapan terimakasih atas segala bantuan dan dukungan baik moril maupun spiritual kepada semua pihak sehingga laporan penelitian ini dapat terselesaikan. Ucapan terimakasih dan penghargaan peneliti sampaikan terutama kepada :
1.      Bapak Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd. Selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten.
2.      Bapak Drs. H. Sholih, M.Pd. Selaku Dosen Pembimbing yang dengan sabar memberikan bantuan kepada kami.
3.      Ibu Dra. Wahyuni. Selaku Co. Pembimbing dalam penelitian ini yang telah memberikan dorongan selama penelitian ini berlangsung.
4.      Rekan-rekan guru selaku observer, yang telah memberikan bantuan dan dorongannya selama penelitian ini berlangsung.
5.      Para siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cipeucang tahun pelajaran 2008 – 2009 yang penuh kesabaran dan keuletan dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas.
             Kemudian, peneliti menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan penelitian ini masih jauh dari sempurna, masih terdapat kekeliruan dan kekhilafan dalam menuangkan gagasannya.  Segala saran dan kritik konstruktif sangat diharapkan untuk perbaikan pada penelitian di masa mendatang.
  Akhirnya, semoga laporan penelitian ini bisa bermanfaat bagi perkembangan pendidikan di masa yang akan datang.  Amiiin  Ya Robbal ‘Alamiin.

                                                                        Pandeglang,  6 April 2009
                                                                                        Peneliti



 



DAFTAR ISI

                                                                                                            Halaman
Lembar Pengesahan                                                                                         
Abstrak                                                                                                            
Kata Pengantar                                                                                                 i
Daftar Isi                                                                                                         iii
Daftar Tabel                                                                                                    v
Daftar Lampiran                                                                                             vi
BAB I. PENDAHULUAN.
A.   Latar Belakang Masalah                                                                  1
B.    Identifikasi Masalah                                                                                    3
C.    Pembatasan dan Rumusan Masalah                                                 3
D.   Tujuan Penelitian                                                                             4
E.    Manfaat Hasil Penelitian                                                                  4
BAB II. KAJIAN PUSTAKA
A.   Proses Pembelajaran dan Hasil Belajar                                            6
B.    Motivasi Belajar                                                                               10
C.    Pembelajaran Kooperatif                                                                 12
D.   Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw                                              13
E.    Gambaran Umum Konsep Energi dan Usaha                                  15
BAB III. METODE PENELITIAN
A.    Setting Penelitian                                                                          17
B.     Prosedur Pelaksanaan Tindakan Kelas                                         18
C.     Data dan Teknik Pengumpulan Data                                            19
BAB IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Siklus I
1. Aktivitas Belajar                                                                       23
2. Hasil Belajar                                                                              24
3. Refleksi                                                                                     26

B.     Siklus II
1. Aktivitas Belajar                                                                       27
2. Hasil Belajar                                                                              28
3. Motivasi                                                                                    28
4. Refleksi                                                                                     29
BAB V. SIMPULAN DAN SARAN
            A. Simpulan                                                                                        33
            B. Saran                                                                                              33
DAFTAR  PUSTAKA                                                                                   35
                                   
























 










DAFTAR TABEL

                                                                                                            Halaman

Tabel 1.           Siklus kegiatan penelitian .                                                     18
Tabel 2.           Prosentase Aktivitas Kelas.                                                    29
Tabel 3.           Prosentase Ketuntasan Belajar.                                               30
Tabel 4.           Skor Nilai Rata-rata Kelas.                                                     30
Tabel 5.           Motivasi Siswa.                                                                       31















DAFTAR LAMPIRAN

                                                                                                           

Lampiran-lampiran
  1. Daftar hadir siswa
  2. Jadwal penelitian
  3. Silabus
  4. RPP
  5. LKS
  6. Lembar observasi kegiatan
  7. Lembar pengamatan
  8. Lembar jurnal harian
  9. Data hasil pretest dan postest                        
  10. Lembar angket siswa
  11. Soal test siklus I dan siklus II
  12. Foto KBM







BAB   I
    PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah
Kegiatan belajar mengajar sebagai salah satu masalah rutin yang umumnya dilaksanakan guru di kelas, bukanlah sesuatu yang berdiri sendiri akan tetapi terkait dengan berbagai faktor dan unsur. Oleh karena itu eksistensi seorang guru tidak hanya diukur dari penguasaan materi pelajaran atau menyiapkan perangkat-perangkat media yang diperlukan akan tetapi juga kemampuan menciptakan kondisi belajar yang kondusif.
Selama ini perhatian sangat besar ditujukan pada upaya memberikan materi sebanyak-banyaknya kepada siswa, sangat jarang diperhatikan perbedaan-perbedaan individu dan suasana kelas yang sesungguhnya sangat mempengaruhi proses belajar mengajar.
Berdasar pengamatan di lapangan, proses pembelajaran di sekolah dewasa ini kurang meningkatkan motivasi dan aktivitas siswa. Masih banyak tenaga pendidik yang menggunakan tipe konvensional secara monoton dalam kegiatan pembelajaran di kelas, sehingga suasana belajar terkesan kaku dan didominasi oleh guru. Dalam penyampaian materi biasanya guru menggunakan tipe ceramah dimana siswa hanya duduk, mencatat dan mendengarkan apa yang disampaikan guru dan sedikit peluang bagi siswa untuk bertanya. Dengan demikian suasana pembelajaran menjadi tidak kondusif sehingga siswa menjadi pasif.
Proses pembelajaran dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menuntut adanya partisifasi aktif dari seluruh siswa. Jadi kegiatan belajar berpusat pada siswa, guru sebagai motivator dan fasilitator didalamnya agar suasana kelas lebih hidup.
Belajar kooferatif merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Belajar kooperatif memberikan kesempatan pada siswa untuk saling berinteraksi. Siswa yang saling menjelaskan pengertian suatu konsep pada temannya sebenarnya sedang mengalami proses belajar yang sangat efektif yang bisa memberikan hasil belajar yang jauh lebih maksimal daripada kalau dia mendengarkan penjelasan guru.
Rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPA yang diperoleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cipeucang, juga diakibatkan dari cara belajar siswa yang masih salah. Selama ini siswa belajarnya dengan cara menghafal (rote learning) bukan dimengerti atau dipahami sehingga tidak menghasilkan pembelajaran yang  bermakna (meaningful learning). Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya perolehan skor nilai hasil belajar dari ulangan harian / ulangan blok sangat rendah, yaitu berkisar antara 60% sampai dengan 70% di bawah KKM (Kriteris Ketuntasan Minimal) yang sudah ditetapkan.  Berarti hanya sekitar 30% sampai dengan 40% yang sudah tuntas.  Belajar dikatakan tuntas bila siswa telah mencapai prestasi belajar atau nilai dengan skor ≥ 60. Dengan demikian hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cipeucang Pandeglang masih dianggap rendah.
Bertolak dari pandangan bahwa belajar adalah mengalami sesuatu, prosesnya dapat berupa berbuat, bereaksi, mengalami sesuatu, menghayati sesuatu.  Mengalami sesuatu berarti menghayati  situasi-situasi  yang sebenarnya dan mereaksi terhadap berbagai aspek situasi itu untuk tujuan-tujuan yang nyata bagi siswa.  Oleh karena itu dalam proses pembelajaran diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat membangkitkan motivasi belajar siswa. Maka untuk memecahkan permasalahan pembelajaran  konsep IPA yang sulit dipahami, peneliti akan mencoba memberikan upaya melalui pembelajaran kooperatif dengan tipe jigsaw.
B.      Identifikasi Masalah
          Berdasarkan latar belakang masalah penelitian di atas, peneliti dapat mengidentifikasikan masalah-masalah sebagai berikut :
1.      Situasi belajar siswa akan lebih kondusip dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
2.      Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw membangkitkan motivasi  belajar siswa dalam mata pelajaran IPA.
3.      Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw membangkitkan aktivitas belajar siswa.
4.      Motivasi belajar siswa dapat meningkatkan hasil belajar.
5.      Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
C.      Pembatasan dan Rumusan Masalah.
a. Masalah dalam penelitian ini penulis batasi pada :
1.      Proses pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA khususnya pada konsep energi dan usaha.
  1. Proses pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA khususnya pada konsep energi dan usaha.
  1. Dalam penelitian ini penulis memberikan perumusan masalah sebagai berikut :
  1. Apakah proses pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajara IPA khususnya dalam konsep energi dan usaha.
  2. Apakah proses kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya dalam konsep energi dan usaha.
D.           Tujuan Penelitian
Dari permasalahan diatas, maka tujuan penelitian ini adalah :
1.             Meningkatkan motivasi belajar IPA pada konsep energi dan usaha melalui proses pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cipeucang.
2.             Meningkatkan hasil  belajar IPA pada konsep energi dan usaha melalui proses pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cipeucang.
E.            Manfaat Hasil Penelitian
Adapun manfaat dari penelitian tindakan ini adalah sebagai berikut :
1.             Bagi guru, kegiatan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat menciptakan situasi belajar mengajar yang efektif dan efisien (suasana belajar yang kondusif), mengetahui strategi pembelajaran yang bervariasi dan inovatif serta meningkatkan pemahaman guru dalam melakukan tindakan kelas.  Sebagai upaya untuk mengatasi pembelajaran yang konvensional, dan pada akhirnya dapat meningkatkan mutu proses belajar mengajar di kelas.
2.             Bagi siswa, kegiatan pembelajaran dengan tipe jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar, dan meningkatkan kegairahan belajar, karena bisa menarik perhatian siswa dengan          anggota kelompoknya yang akan menimbulkan suasana belajar partisipatif dan menjadi lebih hidup, maka hasil belajarnya pun meningkat.
3.             Bagi sekolah, penelitian ini dapat membantu memperbaiki proses pembelajaran, khususnya mata pelajaran  IPA, sehingga sekolah bisa memfasilitasi segala keperluan untuk kelancaran proses pembelajaran tersebut.












BAB  II
KAJIAN PUSTAKA


A. Proses Pembelajaran dan Hasil Belajar
           
Belajar pada dasarnya merupakan peristiwa yang bersifat individual yakni terjadinya perubahan tingkah laku sebagai dampak dari pengalaman individu. Pengalaman dapat berupa situasi belajar yang sengaja diciptakan oleh orang lain atau situasi yang tercipta begitu adanya. Peristiwa belajar yang terjadi karena dirancang oleh orang lain di luar diri individu sebagai pebelajar biasa disebut proses pembelajaran. Proses ini biasa dirancang oleh guru.
Istilah belajar berarti suatu proses perubahan sikap dan tingkah laku pada diri individu yang biasanya terjadi setelah adanya interaksi dengan sumber belajar, sumber belajar ini dapat berupa buku, lingkungan,  guru atau sesama teman. Menurut pendapat  Nana Sudjana ( 1985 : 5)  mengemukakan bahwa : “Belajar adalah sesuatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang.  Perubahan sebagai hasil dari proses belajar dapat ditunjukkan dalam berbagai bentuk seperti berubah pengetahuan, pemahaman, sikap, dan tingkahlaku, keterampilan, kecakapan, kebiasaan serta perubahan aspek-aspek lain yang ada pada individu yang belajar”.
Adapun istilah mengajar adalah menciptakan situasi yang mampu merangsang siswa untuk belajar.  Hal ini tidak harus berupa proses transformasi pengetahuan dari guru kepada siswa.  Aa Rooyakkers (1984 :  13 ) mengatakan bahwa : “Proses mengajar adalah menyampaikan bahan pelajaran yang berarti melaksanakan beberapa kegiatan.  Kegiatan tersebut tidak ada gunanya jika tidak mengarah pada tujuan tertentu”
Kegiatan belajar mengajar sebagai salah satu bentuk pendidikan yang multi variable sudah tentu dalam proses penyelenggaraannya akan turut dipengaruhi serta melibatkan faktor-faktor lain.
Faktor tersebut menurut Muhibin Syah (1995 : 132) secara umum terbagi atas tiga macam berupa :
(1)   Faktor internal, yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa seperti halnya minat, bakat dan kemampuan.
(2)   Faktor eksternal, yaitu faktor yang berasal dari lingkungan disekitar siswa seperti keadaan keluarga, latar belakang ekonomi dan kemampuan guru dalam mengajar.
(3)   Faktor pendekatan mengajar, berupa upaya belajar siswa yang meliputi strategi dan metode yang digunakan dalam melakukan kegiatan pembelajaran.

Dengan demikian, untuk menciptakan proses pembelajaran yang tepat dibutuhkan suatu formula bentuk pembelajaran yang utuh dan tentu saja menyeluruh, dalam arti proses pembelajaran melibatkan aktivitas siswa. Jadi pada hakekatnya, belajar adalah wujud keaktifan siswa walaupun derajatnya tidak sama antara siswa satu dengan yang lainnya dalam suatu proses belajar mengajar di kelas. Tetapi terdapat banyak keaktifan yang tak dapat dilihat dengan mata atau tak dapat diamati, misalnya menggunakan hasanah ilmu pengetahuannya untuk memecahkan masalah, memilih teorama-teorama untuk membuktikan proposisi, melakukan asimilasi dan atau akomodasi untuk memperoleh ilmu pengetahuan baru. Jadi yang dimaksud siswa belajar secara aktif adalah belajar dengan melibatkan keaktifan mental walaupun dalam banyak hal diperlukan keaktifan fisik.
Setelah berakhirnya proses pembelajaran biasanya diperoleh hasil belajar yang merupakan hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar.
Dari sisi guru tindak mengajar diakhiri dengan proses evaluasi hasil belajar. Dari sisi siswa, hasil belajar merupakan puncak proses belajar (Dimyati, 1999 : 3).
Sementara itu, Ahmadi (1984 : 35) mengemukakan bahwa hasil belajar adalah hasil yang dicapai dalam suatu usaha, dalam hal ini usaha hasil belajar berupa perwujudan prestasi belajar siswa yang dapat dilihat pada nilai setiap mengikuti tes.
Menurut Sudjana (1999 : 25), hasil belajar pada dasarnya adalah perubahan tingkah laku atau keterampilan yang berupa pengetahuan, pemahaman, sikap dan aspek lain lewat serangkaian kegiatan membaca, mengamati, mendengar, meniru, menulis, dan lain sebagainya, sebagai bentuk pengalaman individu dengan lingkungan. Hasil belajar dipengaruhi 2 faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
a.             Faktor internal  (faktor dari dalam diri siswa)
Faktor ini meliputi faktor fisiologis maupun psikologis.  Faktor fisiologis antara lain: cacat badan, kesehatan dan sebagainya. Faktor  psikologis antara lain berupa motivasi, minat, reaksi, konsentrasi, organisasi, repetisi, komprehensif, dan sebagainya.
b.            Faktor eksternal (faktor dari luar diri siswa)
Faktor ini datangnya dari luar diri siswa, faktor ini melipui faktor keluarga, sekolah, dan masyarakat.  Ketersediaan sarana dan prasarana atau adanya laboratorium.
Hasil belajar dapat digolongkan pada hasil yang bersifat penguasaan sesaat dan penguasaan berkelanjutan.  Penguasaan sesaat contohnya pengetahuan tentang fakta, teori, istilah-istilah, pendapat dan sebagainya.  Hasil belajar yang bersifat berkelanjutan harus dilakukan terus menerus dalam hampir setiap kegiatan belajar.  Penguasaan berkelanjutan misalnya keterampilan tertentu dalam mengolah suatu produk, menyelesaikan perhitungan dan sebagainya.
Agar hasil belajar yang dicapai oleh siswa tinggi dan berkualitas, tujuan pengajaran yang dicapai juga tinggi, sangat dipengaruhi oleh proses interaksi antara guru dan siswa.  Interaksi antara guru dan siswa akan baik bila komunikasi antara guru dan siswa juga berjalan dengan baik.  
Kemudian untuk mengukur hasil belajar dalam penentuan keberhasilan siswa dalam suatu proses pembelajaran yang sering digunakan adalah berupa  tes hasil belajar. Tes hasil belajar disusun berdasarkan tujuan penggunaan tes itu sendiri, misalnya dalam bentuk pretes dan postes.  Pretes adalah tes yang diberikan sebelum suatu pelajaran dimulai yang bertujuan untuk mengetahui sejauhmana siswa telah menguasai bahan yang akan diberikan.  Sedangkan postes adalah tes yang diberikan sesudah suatu pelajaran selesai diajarkan, tujuannya adalah untuk mengetahui sejauhmana siswa tersebut telah menguasai bahan yang telah diajarkan.  Perbedaan hasil kedua jenis tes ini akan ditentukan oleh kualitas pembelajarannya.  Jika proses pembelajaran baik maka pengaruhnya ialah terdapat perbedaan yang besar  antara postes dengan pretes.  Pertanyaan-pertanyaan pada pretes harus dibuat sama dengan pertanyaan-pertanyaan pada postes, supaya kedua hasil tes ini  dapat dibandingkan.
B. Motivasi Belajar
            Menurut Tita Rosita (1995 : 102) “Motivasi adalah dorongan dasar yang menggerakkan seseorang bertingkah laku. Dorongan ini berada pada diri seseorang yang menggerakan untuk melakukan sesuatu yang sesuai dengan dorongan dalam dirinya”.
   Agar pembelajaran menjadi lebih berkualitas maka guru harus dapat membangkitkan motivasi siswa untuk belajar, sebab jika tidak ada dorongan dalam diri siswa untuk belajar, maka proses pembelajaran tidak akan efektif. Siswa yang termotivasi belajar akan berpartisipasi secara aktif dalam pelajaran yang berlangsung tanpa rasa terpaksa, tetapi secara sukarela atas inisiatif sendiri. Sebagai akibat dari hal ini maka hasil belajar yang dicapai akan lebih lama diserap, karena dengan adanya motivasi belajar tersebut maka dorongan dalam diri siswa akan terpenuhi; dan siswa akan merasa puas dengan hasil belajar yang dirasakan sebagai pemenuhan kebutuhan.
Dalam kegiatan belajar di kelas ada tiga hal pokok yang perlu diperhatikan yaitu: 1) kemana siswa menuju pada akhir kegiatan, 2) bagaimana caranya agar siswa tiba pada sasaran yang dituju, 3) bagaimana agar dapat diketahui apakah sasaran yang dituju itu sudah tercapai atau belum. Agar melalui ketiga hal tersebut guru harus menciptakan kondisi yang dapat merangsang timbulnya motivasi belajar siswa.
Menurut Ratna Wilis Dahar (1985 : 8) “Motivasi berfungsi mengikat perhatian siswa, menggiatkan semangat belajar, menyediakan kondisi yang optimal untuk belajar”. Oleh karena itu maka guru harus membangkitkan motivasi belajar siswa terlebih dahulu sebelum proses pembelajaran dimulai. Selanjutnya Ratna Wilis Dahar (1985 : 8) mengemukakan bahwa Motivasi juga dapat berfungsi untuk membantu siswa dalam memecahkan masalah yang dihadapinya, khususnya untuk menemukan jalan untuk mencapai tujuan belajar. Dalam hal ini diharapkan siswa dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dalam kelompoknya mengenai materi pelajaran yang dipelajarinya.
Berdasarkan penyebab timbulnya, ada dua jenis motivasi; yaitu motivasi ekstrinsik dan motivasi instrinsik. Motivasi ekstrinsik yaitu motivasi yang timbul dari luar diri individu, baik yang disebabkan oleh orang lain maupun oleh keadaan alam dan lingkungan. Seperti keluarga, masyarakat, sekolah. Motivasi instrinsik yaitu motivasi yang timbul dari dalam diri individu sendiri tanpa tekanan dari luar.
Menurut Ratna Wilis Dahar (1985 : 13) “Motivasi instrinsik jauh lebih kuat dari pada motivasi ekstrinsik, karena timbulnya motivasi instrinsik ini sepenuhnya disadari oleh individu yang terlibat, tanpa desakan atau dorongan apapun”. Motivasi instrinsik dapat mengubah sikap seseorang dari malas menjadi giat belajar. Motivasi ekstrinsik dapat membantu timbulnya motivasi instrinsik, yang berpengaruh lebih kuat terhadap keberhasilan belajar.
Kemungkinan penyebab rendahnya motivasi belajar siswa diantaranya, siswa beranggapan bahwa mata pelajaran IPA itu sulit. kemungkinan lainnya adalah model pembelajaran yang digunakan masih berorientasi pada guru sehingga siswa belum terlibat aktif secara maksimal dalam proses pembelajaran, oleh karena itu maka perlu upaya untuk membangkitkan motivasi belajar dan meningkatkan kualitas pembelajaran IPA agar hasil pembelajaran menjadi bermakna perlu menggunakan pendekatan yang sesuai, antara lain dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning).
C. Pembelajaran Kooperatif
           
Model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu model pembelajaran yang mendukung pembelajaran kontekstual. Pembelajaran kooperatif adalah salah satu bentuk pembelajaran yang berdasarkan faham konstruktivis. Pembelajaran kooperatif merupakan strategi belajar dengan sejumlah siswa sebagai anggota kelompok yang tingkat kemampuannya berbeda. Dalam menyelesaikan tugas kelompoknya, setiap siswa anggota kelompok harus saling bekerja sama dan saling membantu untuk memahami materi pelajaran. Dalam pembelajaran kooperatif, belajar dikatakan belum selesai jika salah satu teman dalam kelompok belum menguasai bahan pelajaran.
Menurut Anita Lie (2004 : 29), “Model pembelajaran cooperative learning tidak sama dengan sekedar belajar kelompok. Ada unsur-unsur dasar pembelajaran cooperative learning yang membedakannya dengan pembagian kelompok yang dilakukan asal-asalan”.
Penerapan pembelajaran kooperatif akan memberikan hasil yang efektif kalau memperhatikan dua prinsip inti berikut. Yang pertama adalah adanya saling ketergantungan yang positif. Semua anggota dalam kelompok saling bergantung kepada anggota lain dalam mencapai tujuan kelompok, misalnya menyelesaikan tugas dari guru. Prinsip yang kedua adalah tanggungjawab pribadi (individual accountability). Di sini setiap anggota kelompok harus memiliki kontribusi aktif dalam bekerja sama.
D.      Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw ( Model Tim Ahli )
Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah suatu tipe pembelajaran kooperatif yang terdiri dari beberapa anggota dalam satu kelompok yang bertanggung jawab atas penguasaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan materi tersebut kepada anggota lain dalam kelompoknya. Jigsaw didesain untuk meningkatkan rasa tanggungjawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Siswa tidak hanya mempelajari materi yang diberikan, tetapi mereka juga harus siap memberikan dan mengajarkan materi tersebut pada anggota kelompoknya . Dengan demikian, jigsaw juga dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi.
Menurut Anita Lie (2004 : 69), “siswa bekerja dengan sesama siswa dalam suasana gotong royong dan mempunyai banyak kesempatan untuk mengolah informasi dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi”.
Para anggota dari kelompok yang berbeda dengan topik yang sama bertemu untuk diskusi (tim ahli) saling membantu satu sama lian tentang topik pembelajaran yang ditugaskan kepada mereka. Kemudian siswa-siswa itu kembali pada kelompok asal untuk menjelaskan kepada anggota kelompoknya apa yang telah mereka pelajari sebelumnya pada pertemuan tim ahli.
          Langkah-langkah Jigsaw adalah sebagai berikut :
1.      Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok. Tiap kelompok beranggotakan 4 sampai dengan 6 orang. Sebaiknya kelompok terdiri atas siswa dengan beragam latar belakang, misalnya dari segi prestasi, jenis kelamin, suku, agama, status sosial dan lain-lain. Kelompok ini disebut kelompok asal.
2.      Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda
3.      Setiap siswa yang mendapat sub topik yang sama berkumpul membentuk tim ahli. Tim ahli membahas sub topik masing-masing dan menjadi ahli dalam topik  itu.
4.      Setelah selesai berdiskusi dalam tim ahli, anggota kembali ke kelompok asal masing-masing. Kemudian secara bergantian, tiap siswa yang telah menjadi ahli mengajar teman satu tim mereka tentang sub topik yang mereka kuasai.
5.      Kelompok asal mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya, atau membuat rangkuman. Guru bisa juga memberikan tes pada kelompok. Tapi pada saat mengerjakan tes siswa tidak boleh bekerja sama.
          Bagan pengelolaan siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
            I                      
           



            II        

            Keterangan :
            I    : Kelompok asal
            II   : Kelompok ahli    

E.      Gambaran Umum Konsep Energi dan Usaha
Kompetensi dasar yang harus disampaikan pada konsep energi dan usaha yang tercantum dalam standar isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di kelas VIII semester genap adalah : Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip usaha dan energi serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
          Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja atau usaha. Energi merupakan besaran skalar, energi bersifat kekal yang berarti tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, tetapi energi hanya dapat berubah dari bentuk energi yang satu ke bentuk yang  lain.
1.       Bentuk-bentuk Energi
          Beberapa bentuk energi yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, antara lain energi kimia, energi kalor, energi bunyi, energi cahaya, energi listrik, energi nuklir, dan energi mekanik.
2.       Perubahan energi (Konversi Energi).
          Konversi energi adalah perubahan suatu bentuk energi ke bentuk energi lain. Alat atau benda yang melakukan konversi energi disebut converter.
3.       Hukum Kekekalan Energi
            Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, tetapi hanya dapat berubah bentuk dari energi yang satu ke energi yang lain.
4.       Sumber-sumber Energi.
          Sumber energi ada yang dapat diperbarui dan ada yang tidak dapat diperbarui. Sumber energi yang tidak dapat diperbarui ialah sumber energi yang jika sudah habis tidak dapat diadakan lagi. Sumber energi yang dapat diperbarui ialah sumber energi yang jika sudah habis, dapat diadakan kembali.
5.       Usaha
          Usaha (W) adalah hasil kali antara gaya dengan perpindahan yang searah gaya. Benda dikatakan melakukan usaha jika ada gaya (F) yang bekerja dan ada perpindahan (S).
Usaha dirumuskan  W = F X S
           















BAB  III
METODE PENELITIAN
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau dalam bahasa Inggris disebut Classroom Action Research ( CAR ). Penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa yang berkaitan dengan proses pembelajaran di kelas,  khususnya pada pemahaman konsep energi dan konsep usaha dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw .  Langkah-langkah yang ditempuh mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaan penelitian akan dijabarkan dalam uraian berikut ini.
A.           Setting Penelitian
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2008-2009 di SMP Negeri 1 Cipeucang mulai dari bulan Januari sampai dengan Maret sebanyak 4 kali pertemuan yang dibagi menjadi 2 siklus.  Siklus I sebanyak 2 kali pertemuan dan siklus II sebanyak 2 kali pertemuan.  Jumlah jam pelajaran IPA dalam satu minggu adalah 4 jam pelajaran dimana satu jam pelajaran waktunya 40 menit.
Subjek yang diteliti adalah siswa kelas VIII Perempuan sebanyak 25 siswa putri (sesuai dengan Kebijakan Bupati Pandeglang mengenai adanya pemisahan kelas laki-laki dan kelas perempuan). Peneliti mengambil subjek siswa kelas perempuan mengingat karakteristiknya cenderung lebih pasif dibandingkan kelas laki-laki dan berdasarkan dari hasil belajar pada konsep materi sebelumnya masih dianggap relatif rendah.  .

B.        Prosedur Pelaksanaan Tindakan Kelas
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), adapun tahapan yang akan dilakukan dalam PTK ini menggunakan model yang dikembangkan oleh Kurt Lewin seperti disebutkan dalam Dikdasmen (2003:18) bahwa tahap-tahap tersebut atau biasa disebut siklus (putaran) terdiri dari empat komponen yang meliputi : (a) perencanaan (planning), (b) aksi/tindakan (acting), (c) observasi (observing), (d) refleksi (reflecting).
Prosedur penelitian tindakan kelas ini secara garis besar dapat dilihat dalam tabel berikut ini :
Tabel 1 : Siklus Kegiatan Penelitian
Siklus I
Perencanaan
·  Merencanakan pembelajaran yang akan diterapkan dilaksanakan.
·  Menentukan pokok bahasan
·  Mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
·  Menyiapkan sumber belajar seperti buku
·  Mengembangkan format evaluasi
Tindakan
·  Melaksanakan KBM yang mengacu pada rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah disiapkan.
·  Melakukan evaluasi dalam bentuk tes kemampuan pemahaman konsep yang dipelajari.
Pengamatan
Melakukan observasi dengan menggunakan format observasi
Refleksi
·  Melakukan evaluasi tindakan yang telah dilakukan meliputi efektifitas waktu yang telah dilaksanakan.
·  Membahas hasil tindakan.
·  Memperbaiki pelaksanaan tindakan yang telah dilakukan yang belum mencapai sasaran.
·  Evaluasi tindakan.
Indikator keberhasilan siklus I
·  Instrument-instrumen yang telah disiapkan pada siklus I dapat dilaksanakan semua
·  Siswa mampu melaksanakan KBM dengan aktifitas yang tinggi.
·  Siswa mampu menunjukan bentuk-bentuk energi dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
Siklus II
Perencanaan
·  Identifikasi masalah dan penetapan alternatife pemecahan masalah
·  Pengembangan program tindakan II

Tidakan
·  Pelaksanaan program tindakan II

Pengamatan
·  Pengumpulan data tindakan II

Refleksi
·  Evaluasi tindakan II

Indicator keberhasilan siklus II
·  Instrument-instrumen yang telah disiapkan pada siklus II dapat terlaksanakan semua
·  Aktifitas siswa dalam KBM meningkat.
·  Motivasi siswa dalam KBM meningkat
·  Hampir 100 % pencapaian hasil belajar menunjukan peningkatan.

C.      Data dan Teknik Pengumpulan Data          
1.       Data 
Sumber data penelitian ini adalah siswa, sedangkan jenis data yang didapatkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif yang meliputi :
·    Data hasil pretes dan postes
·    Hasil observasi terhadap proses Kegiatan Belajar-Mengajar
·    Jawaban angket
·    Jurnal harian/catatan lapangan
·    Foto kegiatan
2          Teknik Pengumpulan Data
Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, pretes, dan postes pada tiap siklus dan dilengkapi jurnal harian (catatan harian).
a.              Observasi
Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas siswa  selama  kegiatan pembelajaran berlangsung,  dari observasi tersebut  dapat dilihat  peningkatan aktivitas  belajar yang  meliputi frekuensi aktivitas dan peningkatan kerjasama antar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran.
b.             Angket
Angket digunakan untuk melihat motivasi siswa dari pembelajaran yang telah dilakukan, dimana angket adalah merupakan tanggapan dari seluruh siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan, bermanfaat atau dapat dirasakan oleh siswa dalam rangka meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.
c.              Jurnal Harian (Catatan Harian)
Seluruh kegiatan dalam proses pembelajaran tidak semuanya tercantum dalam lembar observasi. Oleh karena itu di lengkapi lagi dengan jurnal harian / catatan harian yang merupakan alat bantu perekam yang paling sederhana yang memuat perilaku khusus siswa maupun permasalahan yang dapat di jadikan pertimbangan bagi pelaksanaan langkah-langkah berikutnya.
d.             Foto
Untuk merekam peristiwa penting seperti aspek kegiatan kelas, aktivitas kelas atau untuk memperjelas data dan hasil observasi dari penelitian ini, di gunakan foto. Foto ini juga dapat membantu dalam evaluasi tentang data – data lainnya.


e.              Data Tes Hasil Belajar
Data tes hasil belajar berupa data kuantitatif yang di peroleh melalui pretes sebelum diadakan tindakan pada masing-masing siklus dan postes setelah berakhirnya setiap siklus. Hal ini dimaksudkan agar setiap berakhirnya disetiap siklus dapat diketahui kemajuan dan perkembangan yang didapat oleh siswa melalui pembelajaran pemahaman materi pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Data hasil tes tersebut bisa di jadikan acuan, pertimbangan, bahan refleksi, untuk merencanakan pelaksanaan pada siklus berikutnya.
3.         Teknik Analisis Data
Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah sebagai  berikut :
a.              Data Observasi
Data obsevasi ini di ambil melalui pengamatan yang dilakukan oleh kolaborator sebagai observer, yang dilakukan pada saat berlangsungnya kegiatan pembelajaran di kelas. Pengolahannya dengan menggunakan rumus :
A
 X 100% ,       dimana         A =  Jumlah siswa yang melakukan
B                                                      kegiatan
                                                                           
                                                B =  Jumlah siswa keseluruhan


b.             Data Angket
Menganalisis data hasil angket dengan menggunakan rumus sebagai berikut
Jumlah responden actual
−−−−−−−−−−−−−−−−−−−  X 100 %
Jumlah seluruh responden
c.              Data Tes Hasil Belajar
Peneliti menentukan nilai setiap siswa dari hasil pretes dan postes masing-masing siklus dengan pemberian nilai skala 100, dimana KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) untuk pelajaran IPA adalah 60. Kemudian menentukan banyaknya siswa yang mendapat nilai diatas atau sama dengan 60 (siswa yang sudah tuntas). Banyaknya siswa yang mendapat nilai ≥ 60 di hitung prosentasenya dengan menggunakan rumus :
Jumlah siswa yang tuntas
                                                             X  100 %
Jumlah seluruh siswa

Sementara skor nilai rata-rata diperoleh dengan cara menjumlahkan skor nilai seluruh siswa dibagi dengan jumlah siswa.
d.             Data Jurnal Harian

Peneliti sebagai orang yang terlibat secara aktif dalam pelaksanaan tindakan, dan juga guru lain sebagai observer menyimpulkan dan mendeskripsikan kejadian selama penelitian berlangsung baik pada siklus I maupun siklus II.







BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
           
Penelitian ini berupaya untuk mengungkapkan hasil implementasi dari proses pembelajaran dengan model kooperatif learning tipe jigsaw dalam rangka meningkatkan motivasi serta aktivitas siswa dan hasil belajar yang diperoleh siswa.
            Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Di awal setiap siklus diadakan pretes I dan pretes II, demikian pula diakhir setiap siklus diadakan postes yaitu postes I dan postes II setelah proses pembelajaran berakhir atau setelah diberi tindakan.
Hasil penelitian dan beberapa temuan saat pelaksanaan berlangsung beserta pembahasannya akan diuraikan pada masing-masing siklus berikut ini :
A.        Siklus I.
1.         Aktivitas Belajar
            Pada pertemuan pertama di siklus I, yaitu hari Senin tanggal 9 Februari 2009, dilakukan pretes siklus I, setelah melakukan pretes siswa berada pada tatanan kelompok masing-masing yang terdiri dari enam kelompok yang beranggotakan empat orang setiap kelompok dan satu kelompok terdiri dari lima orang, kemudian guru membagikan LKS kepada setiap siswa dalam kelompok tersebut, setelah siswa mendapatkan bagian LKS masing-masing siswa bergabung dalam kelompok ahli sesuai dengan LKS yang akan dikerjakannya, terbagi dalam empat kelompok ahli untuk melakukan diskusi.
Dalam melaksanakan pembelajaran dengan diskusi di kelompok ahli peneliti dibantu oleh observer mengamati beberapa aktivitas siswa, diantaranya kerjasama dalam kelompok, bertanya, mengemukakan pendapat pada saat berlangsungnya diskusi kelompok dan membuat rangkuman yang ditulis dalam buku catatan masing-masing. Pada pertemuan pertama ini belum nampak adanya aktivitas siswa yang mencolok, namun siswa lebih cenderung untuk memperhatikan penjelasan temannya yang dianggap lebih pandai dari dirinya. Berdasar data hasil observasi, diperoleh 7 orang siswa (28 %) yang bekerjasama, 4 orang siswa (16 %) yang bertanya, 6 orang siswa (24 %) yang mengemukakan pendapat dalam diskusi dan 7 orang siswa yang membuat rangkuman. Prosentase aktivitas belajar secara keseluruhan diperoleh sebesar 36 %.  Data tersebut diperoleh melalui lembar observasi kegiatan siswa.
Pada pertemuan kedua di siklus I yang dilaksanakan pada hari rabu tanggal 11 Februari 2009 guru meminta siswa untuk berada pada tatanan kelompok asal, kemudian secara bergiliran siswa diminta untuk menjelaskan hasil diskusi pada kelompok ahli kepada temannya di kelompok asal. Pada pertemuan kedua ini siswa sudah mulai terlihat aktif.  Aktivitas kelas pada pertemuan kedua ini sudah ada peningkatan dibandingkan pertemuan pertama.  Aktivitas kerjasama 10 orang siswa (40 %), bertanya 8 orang siswa (32 %), aktivitas yang mengemukakan pendapat 9 orang siswa (36 %), dan yang membuat rangkuman 12 orang siswa (48 %).  Prosentase aktivitas kelas secara keseluruhan yaitu 68 %. Dibadingkan dengan pertemuan pertama, sudah ada peningkatan aktivitas kelas sebesar 32 %.

2.         Hasil Belajar.
Pada awal kegiatan penelitian, sebelum pelaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama siklus I, tepatnya hari Senin, 9 Februari 2009 , siswa diberikan tes awal berupa pretes I yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal sebelum diadakan proses pembelajaran tentang energi dan perubuhannya. Hasil pretes I ternyata diperoleh skor nilai rata-rata 44,20 dan prosentase ketuntasan belajar sebesar 28 % yaitu hanya 7 orang siswa yang sudah tuntas dari 25 siswa.  Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep energi dan perubahannya secara umum masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan yaitu 60. Walaupun demikian skor nilai ini masih dianggap wajar, karena memang belum diajarkan (belum dilakukan proses pembelajaran di kelas). Waktu yang digunakan untuk pretes I adalah 30 menit.
Berdasarkan hasil pretes I yang diperoleh, yaitu ketuntasan belajar hanya 28 %, maka dapat dijadikan dasar pertimbangan dalam melakukan suatu upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep energi dan perubahannya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif  tipe jigsaw.
Setelah proses pembelajaran yang berlangsung di siklus I, sebanyak 2 kali pertemuan maka untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar setelah diberi tindakan, siswa diberikan postes I yang dilaksanakan hari Rabu tanggal 11 Februari 2009. Berdasarkan hasil dari postes I diperoleh skor nilai rata-rata 64,60 dan prosentase ketuntasan belajar mencapai 76 %, yaitu sebanyak 19 siswa yang sudah tuntas, dan hanya 6 orang siswa yang belum tuntas.

3.         Refleksi
            Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari lembar observasi di siklus I, bahwa setelah proses pembelajaran yang dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan ( setelah diberi tindakan ), ternyata penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw konsep energi dan perubahannya memberikan hasil yang cukup memuaskan sesuai dengan target yang diharapkan.  Hal ini dapat dikatakan adanya peningkatan prosentase aktivitas kelas.  Secara keseluruhan aktivitas belajar di siklus I meningkat dari 36 % menjadi 68 %.  Dalam hal ini aktivitas kelas sudah termasuk kategori aktif, karena kriteria keaktifan kelas dikatakan cukup apabila proses aktivitas kelas berkisar antara 50 – 75%.  Namun ada beberapa jenis aktivitas siswa yang masih dianggap rendah, yaitu aktivitas dalam hal aktivitas mengemukakan pendapat.  Hasil prediksi diperkirakan bahwa siswa masih belum menguasai betul materi pelajaran yang sedang dibahas, sehingga timbul rasa tidak percaya diri atau suatu keragu-raguan untuk mengemukakan pendapatnya sendiri ataupun menyanggah pendapat orang lain.  Oleh karena itu nampaknya perlu ada pendekatan guru terhadap siswa untuk bisa merangsang atau menumbuhkan rasa percaya diri bagi siswa dengan cara belajar yang maksimal dan menjelaskan bahwa hal ini masih sedang taraf belajar.  Siswa juga perlu dilatih keberanian mentalnya untuk mau mencoba aktif dalam hal mengemukakan pendapat, ataupun ada keberanian menyanggah, apabila hal itu tidak sesuai dengan konsep yang dia yakini (misalkan dari buku sumber).    
            Adapun hasil belajar yang diperoleh melalui postes I, setelah berakhirnya pembelajaran pada pertemuan di siklus I, diperoleh skor nilai rata-rata kelas sebesar 64,60 dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 76 %.  Apabila dibandingkan dengan hasil pretes I, terdapat peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 20,40 dan peningkatan prosestase ketuntasan belajar sebesar 48 %.  Peningkatan ini cukup besar dan bisa dikatakan memenuhi kategori berhasil, karena siswa yang mencapai nilai diatas 60 (diatas KKM yang telah ditetapkan) sudah lebih dari 75%.  Dengan demikian bahwa pengaruh proses pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw cukup besar sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan pada akhirnya hasil belajarnyapun meningkat.  Berbeda dengan hasil belajar yang diperoleh sebelumnya selalu dibawah target (dibawah KKM) dimana proses pembelajarannya hanya penjelasan langsung dari guru melalui papan tulis. Dengan demikian hal ini perlu dipertahankan untuk proses pembelajaran pada pertemuan selanjutnya di siklus II.
B.        Siklus II
1.         Aktivitas Belajar
Pada pertemuan pertama di siklus II, yaitu hari Senin tanggal 16 Februari 2009  dilanjutkan kembali proses pembelajaran mengenai konsep usaha dan daya. Prosentase aktivitas siswa secara keseluruhan meningkat dari pertemuan sebelumnya yaitu 68 % menjadi 72 %. Peningkatannya sebesar 4 %. Pada pertemuan ini, yang bekerjasama sebanyak 12 orang siswa (48 %), bertanya 9 orang siswa (36 %), yang mengemukakan pendapat 11 orang siswa (44 %) dan yang membuat rangkuman sebanyak 15 orang siswa (60 %).
Kemudian dilanjutkan dengan petemuan kedua di siklus II, sekaligus sebagai pertemuan terakhir dari seluruh aktivitas penelitian ini, yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 18 Februari 2009. Ternyata suasana belajar semakin terlihat kondusif, karena hampir seluruhnya siswa terlibat dalam aktivitas pembelajaran baik yang bertanya, yang menjawab, yang menyanggah ataupun yang mengemukakan pendapat.  Hasil yang diperoleh dari lembar observasi bahwa yang bekerjasama yaitu sebanyak 13 orang siswa (52 %)  yang bertanya dan 11 orang siswa (44 %) yang mengemukakan pendapat 12  orang siswa (48 %) dan yang membuat rangkuman sebanyak 19 orang siswa (76 %).  Prosentase aktivitas kelas keseluruhannya mencapai 88 %.
2.         Hasil Belajar
Pretes II dilakukan sebelum pelaksanaan pembelajaran di siklus II.  Konsep yang dipelajari di siklus II ini adalah usaha dan daya.  Hasil yang diperoleh dari pretes II memberikan skor nilai  rata-rata kelas sebesar 50,60 dan ketuntasan belajar siswa mencapai 48 %, yaitu 12 orang siswa yang sudah tuntas dari 25 orang siswa.  Setelah pembelajaran dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan, diperoleh hasil dari postes II dengan ketuntasan belajar sebesar 84 % dan nilai rata – rata sebesar 72,00. Kenaikan dari pretes ke postes sebesar 36 % dan kenaikan nilai rata – ratanya sebesar 21,40. 
3.         Motivasi 
Setelah proses pembelajaran ditempuh sebanyak 4 kali pertemuan mulai dari siklus I sampai siklus II, siswa diberikan angket isian untuk mengetahui motivasi siswa dalam model pembelajaran tipe jigsaw, karena dengan adanya motivasi belajar tersebut akan ada dorongan belajar dalam diri siswa. Dari angket yang diberikan pada siswa diantaranya ditanyakan merasa senang kegiatan belajar IPA, belajar IPA dengan diskusi kelompok menyenangkan, merasa senang belajar dari teman, merasa lebih mudah memahami penjelasan dari teman dan perlunya kegiatan seperti yang dilakukan dikembangkan, dengan opsi pilihan setuju, ragu-ragu dan tidak setuju.
Berdasar hasil angket yang diberikan kepada siswa diperoleh hasil siswa yang senang dengan kegiatan belajar IPA 19 orang siswa setuju (76 %), 5 orang siswa ragu-ragu (20 %) dan 1 orang siswa tidak setuju (4 %), sedangkan belajar dengan diskusi kelompok 23 orang siswa setuju (92 %), 2 orang siswa ragu-ragu (8 %), yang merasa senang belajar dari penjelasan teman 23 orang siswa setuju (92 %), 2 orang siswa ragu-ragu (8 %), yang merasa mudah memahami penjelasan teman 20 orang siswa setuju (80 %), 3 orang siswa ragu-ragu (12 %), dan 2 orang siswa tidak setuju (8 %), dan yang berpendapat perlu dikembangkan sebanyak 21 orang siswa setuju (84 %), sedangkan 4 orang siswa ragu-ragu (16 %). 
4.         Refleksi
Setelah proses pembelajaran ditempuh sebanyak 4 kali pertemuan mulai dari siklus I sampai siklus II maka berdasarkan analisis data kegiatan siswa diperoleh peningkatan aktivitas siswa yang cukup berarti.  Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut ini :
Tabel 2 :  Prosentase Aktivitas Kelas
Siklus
Siklus I
Siklus II
Pertemuan
1
2
1
2
Prosen Aktivitas Kelas (%)
36
68
72
88

Peningkatan prosentase aktivitas kelas ini, ternyata  bisa terwujud apabila proses pembelajarannya diperbaiki dan disempurnakan.
Adapun hasil belajar (ketuntasan belajar dan skor nilai rata-rata) yang diperoleh setelah proses pembelajaran di siklus I dan siklus II melalui postes I dan postes II dapat dilihat pada tabel berikut ini :
Tabel 3  :  Prosentase Ketuntasan Belajar

Siklus
Pretes
Postes
Perbedaan
I
28 %
76 %
48 %
II
48 %
84 %
36 %

Tabel 4 :  Skor Nilai Rata-rata Kelas
Siklus
Skor Nilai Rata-rata
Pretes
Skor Nilai Rata-rata
Postes
Perbedaan
I
44,20
64,60
20,40
II
50,60
72,00
21,40

Berdasarkan data tabel tersebut di atas, secara umum dikatakan bahwa hasil belajar meningkat. Kenyataan ini bisa dijelaskan bahwa proses pembelajaran pada konsep eneri dan perubahannya serta usaha dan daya dengan menggunakan model pembelajaran tipe jigsaw menarik bagi siswa, sehingga siswa termotivasi untuk mempelajari materi pembelajaran secara sungguh-sungguh dengan belajar sendiri disamping memperhatikan penjelasan temannya dan penjelasan guru yang memberikan bimbingan dalam diskusi.
Hal ini juga terlihat dari hasil angket siswa yang dapat dilihat pada tabel angket siswa berikut ini :
Tabel 5 : Motivasi Siswa
No
Pernyataan
Jumlah Responden
Prosentase Pernyataan Responden
S
RR
TS
%
%
%
1
Saya senang dengan kegiatan belajar IPA
19
5
1
76
20
4
2
Belajar IPA dengan diskusi kelompok menyenangkan
23
2
-
92
8
-
3
Saya merasa senang belajar dari penjelasan teman
23
2
-
92
8
-
4
Saya merasa mudah memahami penjelasan dari teman
20
3
2
80
12
8
5
Menurut saya kegiatan belajar ini perlu dikembangkan
21
4
-
84
16
-
Jumlah



424
64
12
Rata-rata Prosentase (%)



85
13
2

Dari tabel diatas terlihat motivasi yang dimiliki siswa dengan belajar tipe jigsaw sangat menyenangkan, maka pembelajaran akan dirasakan lebih efektif dan efisien dalam menyampaikan materi pelajaran atau mengajarkannya, sehingga tercipta suasana belajar yang kondusif.
Berdasarkan uraian, bahwa proses pembelajaran konsep energi dan usaha dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terdapat hubungan antara motivasi siswa selama proses pembelajaran berlangsung dengan hasil belajar setelah proses pembelajaran dilaksanakan.  Jadi bisa dikatakan apabila siswa aktif pada saat diskusi membahas materi pembelajaran, baik dalam hal bertanya ataupun mengemukakan pendapat, maka berarti siswa sudah mengerti dan paham apa yang sedang dipelajarinya, sehingga hasil belajarnya pun cukup memuaskan.  Dengan demikian apabila pemahaman konsep sudah baik/meningkat, maka bisa dipastikan hasil belajarnya pun baik pula / meningkat.      





















BAB  V
SIMPULAN  DAN  SARAN

A.        Simpulan
Berdasarkan analisis, temuan dan pembahasan yang diuraikan pada Bab IV tentang proses pembelajaran pada konsep energi dan usaha dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, dapat disimpulkan sebagai berikut  : 
1.        Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.  Peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa dan angket siswa. Di siklus I dari 36 % menjadi 68 %.  Di siklus II dari 72 % menjadi 88 %.  Dan dari hasil angket siswa rata-rata 85  % setuju.
2.        Proses pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan  hasil belajar konsep energi dan usaha. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa.  Ternyata di siklus I ada peningkatan ketuntasan belajar sebesar 48 % ,  yaitu dari 28 % menjadi 76 %.  Dan di siklus II meningkat sebesar 36 % ,  yaitu dari 48 % menjadi 84 %.
B.        Saran
           Saran-saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut  : 
1.      Guru hendaknya mengadakan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, agar siswa lebih termotivasi minat belajarnya sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.
2.      Siswa hendaknya lebih bergairah dan lebih termotivasi serta lebih aktif dalam berfartisifasi dalam diskusi dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
3.      Sekolah hendaknya lebih membantu menyediakan fasilitas sarana alat dan bahan untuk kegiatan proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.



















DAFTAR PUSTAKA



Ahmadi, Abu. (1984), Didaktik Metodik, Semarang, C.V. Toha Putera

Anita Lie, (2004), Cooperative Learning, Jakarta, Grasindo.

Dimyati, (1999), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, P.T. Rineka Cipta.

Mendiknas,  (2006), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP),  Jakarta Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

Muhibin Syah,   (1995), Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru,  Bandung, Remaja Rosdakarya

Ratna Wilis Dahar (1986), Interaksi Belajar Mengajar IPA, Jakarta, Universitas Terbuka, Depdikbud

Rooyakkers,  A.  (1984), Mengajar dengan Sukses,  Bandung, Gramedia.

Sudjana, N.  (1989),  Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung,  Sinar Baru.

Suhardjono, Azis Hoesein, dkk. (1996) Pedoman Penyusunan Karya Ilmiah di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Widyaiswara. Jakarta : Depdikbud, Dikdasmen.

Suhardjono, (2006), Laporan Penelitian Sebagai KTI, makalah pada pelatihan peningkatan mutu guru dalam pengembangan profesi di Pusdiklat Diknas Sawangan, Jakarta, Februari 2006.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono dan Supardi  (2006) ,  Penelitian Tindakan Kelas,  Jakarta,  Bumi Aksara.

Tita Rosita,  (1994),  Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Universitas Terbuka,  Depdikbud









DAFTAR HADIR





Kelas
: VIII. P


Mata Pelajaran
: IPA


Siklus
: ………

Pertemuan ke
: ……….

Tanggal
: ……………………..






No
Nama

Tanda Tangan
Urut

1
ARIAH

1

2
ARSAH


2
3
DEDE KURNIASIH

3

4
DEDE PARAMITA


4
5
DEDE SUMIATI

5

6
DIAN FITRIYANI


6
7
DIAN ROSMALAYENI

7

8
IIS WIDIANINGSIH


8
9
MASRIAH

9

10
MISPAH


10
11
MURNI MURTAPIAH

11

12
MURNISAH


12
13
NANI NURHAYATI

13

14
NELI AGUSTIN


14
15
NENG MURDIAH

15

16
SAPIAH


16
17
SAPNAH

17

18
SARNI SURYANI


18
19
SINTA BELA

19

20
SITI HALIMAH


20
21
SUPRIAH

21

22
UUN TRISNAWATI


22
23
UUN UNDATI

23

24
YULIAWATI


24
25
YUNI WAHYUNI

25



No
Kegiatan
Bulan
Januari
Februari
Maret
I
II
III
IV
I
II
III
IV
I
II
III
IV
1
Penyusunan Proposal Penelitian












2
Konsultasi Dosen Pembimbing












3
Penyusunan instrument,skenario pembelajaran, soal












4
Pelaksanaan
A. Menyiapkan kelas dan perangkat pembelajaran













B. Melaksanakan tindakan siklus I













C. Konsultasi dosen pembimbing













D. Melaksanakan tindakan Siklus II












5
Penyusunan Laporan












6
Konsultasi dosen pembimbing













JADUAL PENELITIAN













No comments:

Post a Comment

BAGI ANDA YANG MEMPUNYAI BLOG, SILAHKAN BERKOMENTAR MENGGUNAKAN NAME/URL... KOMENTAR MENGGUNAKAN ANONIM ATAU BROKEN LINK TIDAK AKAN SAYA RESPON DAN AKAN SEGERA DIHAPUS.