cari sesuatu om? ketik disini aza yaw

Monday, March 12, 2012

rahasia dibalik penggunaan 10 jari dalam Komputer


Didalam kehidupan sehari-hari kita pasti sering dihadapkan terhadap aktivitas ketik mengetik, misalnya mengetik tugas, surat, undangan, makalah, dll. Pertanyaannya sekarang adalah "apakah anda sudah menggunakan 10 jari dalam mengetik?", atau mungkin anda masih tetap menggunakan 11 jari yaitu telunjuk kiri dan telunjuk kanan hahahahaha... Jika kita sudah lancar mengetik menggunakan 10 jari dengan ketentuan yang umum digunakan, maka ketikan kita akan lebih cepat selesai dan tangan kita tidak akan cepat lelah. Untuk dapat mengetik 10 jari dengan lancar, anda harus mengetahui terlebih dahulu tugas masing-masing jari tangan untuk menekan tombol keyboard. Setelah anda mengetahui tugas masing-masing jari, langkah selanjutnya adalah latihan mengetik (cukup 15 menit setiap hari). Posisi awal/letak masing-masing jari dalam mengetik 10 jari dimulai dari kelingking kiri sampai kelingking kanan secara berurutan adalah:


A-S-D-F-Spasi-Spasi-J-K-L-;
 
Artinya adalah jari kelingking kiri diletakkan pada tombol "A", jari manis kiri diletakkan pada tombol "S", jari tengah kiri diletakkan pada tombol "D", jari telunjuk kiri diletakkan pada tombol "F", jempol kiri dan kanan diletakkan pada tombol "Spasi", jari telunjuk kanan diletakkan pada tombol "J", jari tengah kanan diletakkan pada tombol "K", jari manis kanan diletakkan pada tombol "L", dan jari kelingking kiri diletakkan pada tombol "titik koma". Posisi jari ini sering disebut pos jari pada keyboard "QWERTY" untuk mengetik 10 jari. Contoh: jari tengah kiri memiliki tugas untuk mengetik huruf "C", "D", dan "E". Pos jari ini berada pada tombol huruf "D". Jika kita ingin mengetikkan  huruf "E", pindahkanlah jari tengah kiri ini ke tombol "E" dan begitu selesai harus segera kembali lagi ke pos nya, dan begitu juga untuk jari yang lainnya. Pada gambar berikut akan diberi gambaran tugas masing-masing jari untuk mengetik pada keyboard "QWERTY".



Untuk membantu anda latihan mengetik 10 jari, gunakanlah software-software untuk latihan mengetik. Software ini dapat anda search melalui search engine dengan kata kunci "software typing tutor" atau jika tertarik anda dapat menggunakan Rapid Typing dengan mengunjungi situs resminya dihttp://www.rapidtyping.com/. Anda dapat memilih berbagai pilihan pada situs ini sesuai keinginan seperti pada tampilan gambar berikut ini
Untuk mendownload software typing tutor ini silahkan akses situsnya dan click tombol warna hijau dengan tulisan "Rapid Typing", kemudian click tombol download nya. Atau anda dapat melakukan click  tulisan"RapidTyping Instal" ini untuk mendownload setup instalannya atau click tulisan "RapidTyping Portable" untuk model portable (tanpa instal). Latihanlah dengan sabar dan tekun, selamat mencoba...

No comments:

Post a Comment

BAGI ANDA YANG MEMPUNYAI BLOG, SILAHKAN BERKOMENTAR MENGGUNAKAN NAME/URL... KOMENTAR MENGGUNAKAN ANONIM ATAU BROKEN LINK TIDAK AKAN SAYA RESPON DAN AKAN SEGERA DIHAPUS.