cari sesuatu om? ketik disini aza yaw

Tuesday, November 22, 2011

jenis-jenis gulma

1. Cyperus rotundus ( Teki )
Gulma golongan teki
Klasifikasi
Kingdom : Plantae
Subkindom : Tracheobionta
Superdivisi : Spermatophyta
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Subkelas : Commelinidae
Ordo : Cyperales
Family : Cyperaceae
Genus : Cyperus
Spesies : Cyperus rotundus
Deskripsi
Morfologi
Herba menahun, tinggi 0.1 – 0.8 m ( 1m )
Batang tumpul sampai persegi tiga tajam, lunak , membentuk umbi , hijau pucat.
Daun berjumlah 4 – 10 helai dan letaknya berjejal pada pangkal batang, dengan pelepah daun yang tertutup tanah, helaian daun bentuk garis, dari atas hijau tua mengkilat, 10 – 60 kali 0.2 – 0.6 cm.
Bunga Majemuk, di ujung batang, bentuk bulir, panjang 1-3 cm, lebar 2 mm, benang sari tiga, kepala sari merah, putik panjang ± 1,5 cm, coklat.
Buah Bulat telur, panjang ± 1,5 cm, coklat.
Akar Serabut, putih kotor.
Anak bulir terkumpul menjadi bulir yang pendek dan tipis, dan keseluruhan terkumpul lagi menjadi berbentuk panjang. Daun pembalut berjumlah 3 – 4, tepi kasar, tidak merata. Jari-jari payung 6 – 9, pangkal tertutup oleh daun pelindung yang berbentuk tabung, yang t erpanjang 3 – 10 cm, yang terbesar sekali lagi bercabang. Anak bulir 3 – 10 berkumpul dalam bulir, duduk, berbetnuk garis, sangat gepeng, coklat, panjang 1 – 3 cm, lebar 2 mm, berbunga 10 – 40. sekam dengan punggung hijau dan sisi coklat, panjang kurang lebih 3 mm. Benang sari 3, kepala sari kuning cerah. Tangkai putik bercabang 3. buah memanjang sampai bulat telur terbalik, persegi tiga, coklat, panjang kurang lebih 1.5 mm.
Penyebaran
Penyebarannya baik di daerah tropis ataupun daerah sub tropis.
Perbanyakan
Berkembang biak terutama dengan umbinya
Habitat
Dapat tumbuh pada bermacam-macam keadaan tanah dengan ketinggian 1 – 1000 m. Gulma ini termasuk gulma tahunan yang berkembang biak terutama dengan umbinya. Umbi gulma ini dapat tumbuh pada suhu sekitar 13 – 14°C dan suhu optimum untuk pertumbuhan teki berkisar antara 30 – 35°C
Pemanfaatan
Umbi Cyperus rotundus berkhasiat sebagai obat kejang peait, peluruh air seni dan bahan kosmetika.
Kandungan kimia
Akar Cyperus rotundus mengandung saonin, flavonoida, disamping minyak atsiri.
Pengendalian
Sistem Pergiliran tanaman
2. Cynodon dactylon ( L ) Pers ( Kakawatan )
Gulma golongan rumput
Klasifikasi
Kingdom : Plantae
Subkindom : Tracheobionta
Superdivisi : Spermatophyta
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Subkelas : Commelinidae
Ordo : Poales
Family : Poacea
Genus : Cynodon
Spesies : Cynodon dactylon
Deskripsi
Morfologi
Rumput menahun dengan tunas menjalar yang keras; tinggi 0.1 – 0.4 m( ½ m).
Batang langsing, sedikit pipih, yang tua dengan rongga kecil.
Daun kerapkali jelas 2 baris. Lidah sangat pendek. Helaian daun bentuk garis, tepi kasar, hijau kebiuran, berambut atau gundul, 2.5 – 15 kali 0.2 – 0.7 cm.
Bulir 3 – 9, mengumpul, panjang 1.5 – 6 cm. Poros bulir berlunas. Anak bulir berdiri sendiri, berseling kiri kanan lunas, menghadap ke satu sisi, menutup satu dengan yang lain secara genting, duduk, ellips memanjang, panjang kurang lebih 2 mm, kerapkali keungu-unguan. Sekam 1 – 2 yang terbawah tetap tinggal. Jumlah benang sari 3, tangkai putik 2, kepala putik ungu, muncul di tengah-tengah anak bulir.
Bunga tegak seperti tandan.
Biji membulat telur, kuning sampai kemerahan terna bertahunan yang berstolon, merumput dengan rimpang bawah tanah menenbus tanah sampai kedalaman 1 m atau lebih. Lamina melancip – memita, berlapis lilin putih keabu-abuan tipis dipermukaan bawah, gundul atau berambut pada permukaan atas . pelepah daun panjang halus, bermabut atau gundul. Ligula tampak jelas berupa cincin rambut – rambut putih..
Penyebaran
Rumput muda ini diduga berasal dari Afrika dan Asia Selatan dan Tenggara, tetapi jenis ini telah diintroduksi ke semua daerah tropis dan subtropics dan dijumpai dapat bertahan hidup di Eropa dan ketinggian 4000 m di Himalaya. Jenis ini juga ada di pulau – pulau Pasifik, Atlantik dan Lautan India.
Habitat
Rumput Bermuda tumbuh paling bagus pada suhu diatas 240C dan tahan terhadap kekeringan. Tumbuh paling baik pada tanah yang berdrainase baik tapi toleran terhadap banjir yang berkepanjangan. pH optimal yaitu diatas 5,5. Juga toleran terhadap kesuburan tanah yang rendah tetapi tidak toleran terhadap naungan. Daerah dengan musim kemarau yang tegas, di daerah cerah matahari dengan ketinggian 1 – 1650 m.
Perbanyakan
umumnya tersebar luas melalui perakaran , namun dari dari biji dapat perbanyakan secara alami
Manfaat
jerami untuk makanan ternak, untuk mengendalikan erosi dan sebagai rumput tanah. Selain itu untuk ketahanan hama
3. Eleusin indica ( Carulang )
Gulma golongan rumput
Klasifikasi
Kingdom : Plantae
Ordo : Poales
Family : Poacea
Suku : Eragrostideae
Genus : Eleusin
Spesies : Eleusin indica
Deskripsi
Morfologi
rumput berumur pendek, kerapkali berumpun kuat, kadang-kadang pada buku yang bawah keluar akar.
Batang kerapkali berbentuk cekungan yang terbentang; tinggi 0.1 – 1.9 m. Batang menempel pipih sekali, bergaris, kerap bercabang.
Daun dalam dua baris. Pelepah daun menempel kuat berlunas. Llidah seperti selaput, pendek. Helaian bentuk garis dengan tepi kasar pada ujung, pad pangkalnya ada rambut panjang, 12 – 40 kali 0.41 – 1 cm.
Bulir terkumpul 2 – 12, satu sisi. Poros bulir bersayap dan berlunas, panjang 2.5 – 17 cm. Anak bulir berdiri sendiri, berseling kiri kanan lunas, duduk, rapat menutup secara genting, menempel rapat, panjang 4 – 7 mm. Sekam terekan rapat berlunas, dua yang terbawah tetap tinggal lama. Benang sari 3; kepala sari pendek. Tangkai putik 2; kepala putik sempit, ungu.
Habitat
Di tempat cerah matahari, kerapkali di tanah keras karena terinjak; 1 – 2000 m.
Penyebaran
Daerah Iklim tropis
4. Ageratum conyzoides ( babadotan )
Gulma golongan daun lebar
Klasifikasi
Kingdom : Plantae
Famili : Asteraceae
Genus : Ageratum
Spesies : Ageratum conyzoides
Deskripsi
Morfologi
Herba satu tahun, tegak atau berbaring dan dar bagian ini keluar akarnya.. Tinggi tanaman kurang lebih 1 – 1.2 m.
Batang bulat, berambut jarang.
Daun bawah berhadapan dan bertangkai cukup panjang, yang teratas tersebar dan bertangkai pendek. Helaian daun bulat telur, beringgit, panjang 1 – 10 kali 0.5 – 6 cm, kedua sisinya berambut panjang, sisi bawah juga dengan kelenjar yang duduk. Bongkol bunga berkelamin satu macam, 3 atau lebih berkumpul jadi karangan bunga bentuk malai rata yang terminal. Panjang bongkol 6 – 8 mm , pada tangkai berambut. Daun pembalut tersusun dalam 2 – 3 lingkaran, runcing, tidak sama, berambut sangat jarang atau gundul. Dasar bunga bersama tanpa sisik.
Bunga sama panjang dengan pembalut. Mahkota dengan tabung sempit dan pinggiran sempit bentuk lonceng, berlekuk 5, panjang 1 – 1.5 mm.
Buah keras bersegi llima, berwarna putih, dengan panjang 2 – 3.5 mm.
Penyebaran
Berasal dai Amerika tropis, daerah tropis dan dataran hingga ketinggian 1 – 2100 m diatas permukaan laut
Perbanyakan
Melalui biji
5. Oxalis barrelieri ( Calincing )
Gulma golongan daun lebar
Klasifikasi
Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Oxalidales
Family : Oxalidaceae
Genus : Oxalis
Spesies : Oxalis barrelieri
Deskripsi
Morfologi ;
Tumbuhan berdiri tegak dengan tinggi 1,5 m
indument terdiri dari keputih-putihan, eseptate rambut, kadang-kadang tapi jarang terlihat pada berakar, petioles, dan lebih rendah dari permukaan Leaflet blades;
pinnately daun 3-foliolate, yang petiole panjang 1,5-3,5 cm, terus menjadi tulang punggung 5-10 mm panjang di bawah terminal leaflet, selebaran yang berbentuk bulat panjang ke blades bujur, hingga 3,5 x 2,5 cm (terminal satu yang terbesar), tumpul atau bulat di puncak;
petals (sampai 9 x 3,5 mm) pink kecuali terhadap kehijau-hijauan atau kekuning-kuningan yang dasar; capsules bujur telur, 5-10 x 2-5 mm, 5-angled, dengan 2-4 biji per locule "(Smith, 1985, pp. 624-625).
Habitat
Di Indonesia,daerah roadsides, daerah pengolahan tanaman
Penyebaran
Hindia Barat dan Tengah dan Amerika Selatan,ke bagian Afrika, Ceylon Malesiatelah di Caroline dan Kepulauan Mariana dan samoa
Perbanyakan
Dengan biji
6. Borreria laevis ( ketumpang )
Gulma daun lebar
Klasifikasi
Kingdom : Plantae
Ordo : Gentianales
Famili : Rubiceae
Genus : Borreris
Spesies : Borreria laevis
Deskripsi
Morfologi
Tumbuhan tahunan,
Batang sering berwarna ungu, tegak atau menggeletak dengan panjang 3 – 10 dm
Daun berwarna ungu , berlawanan berbentuk bulat pangjang yang memanah , bulat panjang yang seperti tombak, panjangnya 1 -7 cm dan lebar 0,4 hingga 3 cm dan memberikan tekstur seperti kudis, petiole memiliki panjang 2 – 4 mm , stipula 2 – 3 mm.
Bunga berjumlah banyak yang terletak secara axilari dan terminal dan panjangnya 2 – 3 mm Corolla berwarna putih atau sering berwarna pink dengan panjang 2,4 – 2,6 mm.
Buah berbentuk ellipsoid dengan panjang 2 – 4 mm
Biji berwarna cokelat gelap dengan panjang 1,5 – 2,5 mm
Habitat
Sepanjang trail, daerah dari ketinggian 1500 m hingga ke atas , toleran terhadap iklim kering , daerah pemukiman, sepanjang jalan
Perbanyakan
Dengan biji yang tersebar melalui air tebasan alat pertanian , dan pengolahan
Penyebaran
Dari Florida Selatan , Amerika Selatan hingga India bagian barat
Praktikum 2
7. Limnocharis flava ( L ) Buchenaw ( Genjer )
Gulma golongan daun lebar
Klasifikasi
Kingdom : Plantae
Subkingdom : Tracheobionta
Super Divisi : Spermatophyta
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Sub Kelas : Alismatidae
Ordo : Alismatales
Genus : Limnocharis
Spesies : Limnocharis flava (L.) Buch
Deskripsi
Morfologi
Gulma ini berbentuk segitiga yang memiliki daun dan batang – batang yang berbunga seperti bentuk gurita . inflourence terdiri dari 3 – 15 bunga berwarna kuning
Buah berbentuk bulat dan terdiri dari bagian yang berbentuk cresent yang nantinya pecah dan menyebar ke lokasi bar. Botani secara spesifik glabrous (kekurangan rambut dan halus), scapigerous (memproduksi gundul berbunga stalks) dan lactiferous (berisi substansi milky). Rhizome pendek dengan panjang dan diameter masing - masing 3 cm.
Daun yang lurus, dan bahan pelapis curvinerved, dan bangkit dalam kelompok di atas air. Petioles yang tebal, segitiga, 90cm panjang dan berisi banyak lacunae (ruang udara). Pelepah daun sempit ke arah atas dan daun blade yang tipis, hijau muda, variabel dalam bentuk (bulat, ovate luas atau berbentuk bulat panjang) dan 6 - panjang 20cm (dan hampir sama dengan lebar)
Daun apex umumnya apiculate dengan hydathode kecil di ujung; daun dasar adalah cuneate ke repand-hati; daun margin adalah yg berombak-ombak. Ada empat sampai enam pasang saraf utama dan satu marjinal (sub paralel yg bertemu di suatu tempat dan menuju apices), banyak urat sekunder (paralel satu sama lain dan hampir tegak lurus ke midrib) dan padat reticulations halus
Bunga-bunga yang pedicelled, actinomorphic, banci dan 2 - 4cm panjang diameternya
Tiga sepals yang gigih, imbricate (tumpang tindih), hijau, tumpul dalam bentuk, 1,5 - 2cm panjang 1 - 1.5cm lebar, dan memperbesar dan memperikuntukan buah. Tiga petals yang kuning pucat dengan dasar gelap, tipis, lambang kedokteran (cenderung melemah awal), imbricate dan luas ovate-bulatan ke dalam bentuk yang bulat dan apex 2 - 3 cm panjang oleh 1 - 2cm lebar
Ada banyak stamens dikelilingi oleh sebuah lingkaran dari staminoides
Habitat
dangkal rawa, kolam dan sawah yang, biasanya tempat tergenang air tawar
Perbanyakan
Biji
Penyebaran
Asli kisaran Amerika (Utara Barat Meksiko, Nikaragua, Kosta Rika, Panama, Kuba, Haiti, Republik Dominika, Kepulauan angin, Kolombia, Venezuela, Ekuador, West Indies, Brasil dan Peru). Dikenal memperkenalkan berbagai Asia Tenggara (Malaysia, Indonesia, Thailand Selatan, Myanmar, Sri Lanka, India dan Vietnam), dan Australia (Abhilash, 2004; mengerling dkk. 2001; Waterhouse, 2003).
Kegunaan
Sebagai tanaman hias di beberapa Negara seperti USA, Singapore, Sri Lanka and Indonesia (Abhilash, 2004; Corlett, 1988; van Steenis, 1954; Senartana, 1940). digunakan sebagai sumber makanan
Misalnya, di Jawa tanaman ini banyak terpandang sayur, yang diolah di sawah dan dijual di pasar dengan daun muda, dan bunga berasal kelompok (Abhilash, 2004)
Pengendalian
1. Dibakar (atau deep-terkubur) untuk mencegah mereka dari kembali membuat dan tanaman harus (preferably) dihapus sebelum bunga dan rumput sheds bibit nya.
2. Penggunaan tanaman sebagai sayuran berdaun banyak, pupuk hijau, obat-obatan, atau dalam aplikasi lain yang harus didokumentasikan sehingga faktor ekonomi sosial dan kontribusi terhadap penyebaran tanaman dapat diatasi (dan berpotensi dikurangi).
8. Marsilea crenata
Gulma golongan daun lebar
Klasifikasi
Kingdom : Plantae
Subkingdom : Tracheobionta
Divisi : Pterydophyta
Kelas : Pteriopsida
Ordo : Salviniales
Famili : Marsileaceae
Genus : Marsilea
Spesies : Marsilea crenata
Deskripsi
Morfologi
Batang berbentuk lunak , berupa stolon berwarna hijau kecokelatan
Daun majemuk, tiap tangkai terdiri dari empat helai daun yang berbentuk lonjong , tepi rata, pangkal runcing, panjang kurang lebih 2 cm, lebar kurang lebih 1 cm dan berwarna hijau
Spora yaitu sporocarpia terletak dekat pangkal tangkai daun, lepas atau berdiri sendiri , kelopak dua dengan panjang 3 hingga 5 cm berbentuk lonjong berwarna hijau ungu
Akar serabut berwarna putih dan kotor
Habitat
Semak , menjalar dengan panjang 25 cm
9. Cyperus iria
Gulma golongan teki
Klasifikasi
Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta
Super Divisi : Spermatophyta
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Sub Kelas : Commelinidae
Ordo : Cyperales
Famili : Cyperacea
Genus : Cyperus
Spesies : Cyperus iria
Deskripsi
Morfologi
Termasuk gulma tahunan
berakar serabut, terdapat beberapa daun , cabang sepatu berduri sekitar 2,5 cm panjangnya, jelaga tegak dengan tinggi 8 hingga 60 cm agak tebal atau menipis.
Pelepah daun berwarna kemerahan atau kecokelatan. Benang sari ada tiga dan kepala putik ada tiga. Terdapat corymb sebagai aturan mejemuk dengan panjang 5 hingga 15 cm, lebar 3 hingga 10 cm dengan masing – masing menghasilkan 5 – 10 duri yang berbentuk bulat panjang dengan panjang 1 – 4 cm dan paling sedikit berdaun 2 atau 3
Habitat
Daerah basah, di sawah, rawar - rawa, hingga permukaan laut dengan kedalaman 300 m
Perbanyakan
Dengan biji
Penyebaran
Afrika Timur dan Asia Pusat melalui India ke Cina dan Jepang , ke arah timur Malesia dan Australia
10. Monochoria vaginalis ( Burn F ) Presl ( Eceng leutik )
Gulma golongan daun lebar
Klasifikasi
Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Subdivisi : Angiospermae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Ordo : Commelinales
Famili : Pontederiaceae
Genus : Monochoria
Spesies : Monochoria vaginalis
Deskripsi
Morfologi
Terna, rawa (aquatik), tinggi 10-50 cm,
Batang semu, pendek, merupakan pelekatan pelepah daun, hijau.
Daun Tunggal, roset akar, tangkai lunak,bersayap, panjang 10-40 cm, hijau,helaian daun bentuk jantung,ujung runcing, pangkalbertoreh, panjang 5-10 cm, lebar 5-8 cm, pertulanganmelengkung, permukaan licin, hijau mengkilat.
Bunga Majemuk, berkelamin ganda, tersusun dalam bulir, tenda ataumalai terlindung dalam ketiak daun pelindung, biasan bunga rnenyerupai mahkota terdiri dari 6 helai lersusun dalam 2 lingkaran, berlekatan di bagian pangkal, wama ungu.
Buah Kendaga, membuka dengan 3 katup, bentuk bulat telur, permukaan licin, hijau.
Biji Bulat berusuk membujur, keras, coklat kehitaman.
Akar Serabul, berwarna putih kehitaman.
Habitat
Pinggir-pinggir sungai, parit atau kolam. Tumbuh pada ketinggian 10 m sampai 1550 m di atas permukaan laut.
Penyebaran
Berbunga pada musim panas dan dapat dipanen sepanjang tahun.
Kegunaan
Sebagai obat Nyeri lambung, anti nyeri, anti asma, penurun panas dan obat sakit perut (stomakikum).
Kandungan kimia
Seluruh bagian tanaman wewehan mengandung saponin dan polifenol.
Bagian yang digunakan untuk obat
Daun, atau seluruh bagian tanaman dalam keadaan segar atau setelah dikeringkan.
Pengendalian
Sistem pergiliran tanaman
11. Fimbristylis miliacea Linn ( Vahl ) ( Panon Munding )
Gulma golongan teki
Klasifikasi
Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Ordo : Poales
Famili : Cyperiaceae
Genus : Fimbristylis
Spesies : Fimbristylis miliacea
Deskripsi
Morfologi
Tanaman tahunan, cespitose, 15-50 (-70) cm, dasar lunak; rhizomes absen
Batang bisa sama dengan daun dan bisa berbeda
Daun memiliki tinggi 2 / 3 dari tinggi tanaman, tidak ada ligula, pelepah daun lebar 2 mm
Bunga Inflorescences anthela kompleks, biasanya membaur, branched, perluasan ke atas, kali luas sepanjang; scapes semampai, angularly berjalur dan / atau yang dikompresi distally, 1-1,5 mm lebar atau tebal, Bunga terdiri dari stamens 1-2 , putik 3
Fimbristylis miliacea lain adalah rumput yang luas penyebarannya di Asia terutama pada tanaman padi
Buah ukuran 1mm
Habitat
Perladangan padi , daerah dengan ketinggian lebih dari 300 m
Penyebaran
Didaerah Negara beriklim tropis
Pengendalian
Dapat secara kultur teknis, manual , kimia , dan metode biologi
12. Ludwigia perennis ( Tapak Dara )
Gulma golongan daun lebar
Klasifikasi
Kingdom : Plantae
Famili : Onagraceaea
Genus : Ludwigia
Spesies : Ludwigia perennis
Deskripsi
Morfologi
Tumbuhan tahunan yang dapat tumbuh hingga 1 m
Daun berbentuk bulat panjang ke pisau pembedah sempit, 1-11 x 0,3-2,7 cm, nyaris cuneate di dasar, di puncak subacute, petioles dengan panjang 2-15 mm, bersayap. Sepals 4(-rarely 5), deltoid, 2-3.5 x 0.7-1.8 mm
Petals kuning, berbentuk bulat panjang, 1-3 x 0,7-2 mm. Stamens sebanyak sepals, jarang lebih.
Menyerbukkan tetrads di kandang. Putik 0.7-1.5 mm
Penyebaran
Afrika, Asia tropis dan subtropis, Cina, melalui Malesia tropis ke Australia dan Kaledonia Baru
13. Salvinia molesta ( D. S Mitchell ) ( Kayambang )
Gulma daun lebar
Klasifikasi
Kingdom : Plantae
Divisi : Pteridophyta
Famili : Salviniaceae
Genus : Salvinia
Spesies : Salvinia molesta
Deskripsi
Morfologi
Salvinia molesta merupakan tumbuhan setahun, termasuktumbuhan air yang kecil, terapung bebas, dan
Batang bercabang sedikit bahkan tidak bercabang.
Daun bersatu menjadi karangan tiga yang rapat. Dua daun dari tiap karangan mengapung dengan tangkai pendek dan berambut, tidak berbagi dan tepi rata. Daun yang ketiga menggantung dalam air berbentuk serabut seperti akar dan juga berfungsi sebagai akar (tidak ada akar yang sesungguhnya). Bagian pangkal daun berlekuk berbentuk jantung. Pada waktu muda daun datar kemudian melipat seperti daun telinga. Daun yang mengapung mendatar rata di atas air, helaian lonjong memanjang dan ujung membulat, berjumlah 9-13 helai dengan ukuran 5-7 mm, warna hijau muda dari bawah berambut coklat agak rapat. Kedua sisi dari ibu tulang daun dengan tulang daun lateral sebanyak 15-20 buah (Van Steenis 2002).
Perbanyakkan
berkembangbiak dengan spora.
Pemanfaatan
Sebagai bahan pakan itik
14. Scirpus juncoides Roth ( Kucay )
Gulma golongan teki
Klasifikasi
Kingdom : Plantae
Famili : Cyperaceae
Genus : Scirpus
Spesies : Scirpus juncoides
Deskripsi
Morfologi
Tufted di rumpun, tanpa berandang rhizome; culms tinggi 15-70 cm, tebal 1-4 mm, subterete atau beberapa obtusely-angled, hijau muda, kusam, clothed di dasar hanya dengan beberapa sheaths; sheaths 3 atau 4, pada skala yang lebih rendah seperti, coklat, di atas yang panjang 5-15 cm, hijau pucat, obliquely memotong di mucronate lubang
Batang 5-15 cm panjang, , 1-beralur di samping perut, dilated di dasar; spikelets ke bujur-bujur bujur telur, panjang 6-18 mm, lebar 3-6 mm, kekuning-kuningan, bukan tiba-tiba mengontrak subobtuse ke puncak, padat dihiasi dgn bunga-banyak; glumes lonjong ke ovate-oval, panjang 3-4 mm, lebar 1,8-2,7 mm, tebal membranous, pucat dan coklat-tinged, maka dibulatkan ke puncak shallowly emarginate dan mucronate, kapal yang luas, hijau, 1 - atau 3-nerved; achenes luas obovate, cembung ganda, panjang 1,8-2 mm, sekitar 1,5 mm luas, tiba-tiba untuk kontrak cuneate dasar, dibulatkan ke mucronate puncak, di sisi maturing coklat gelap, mengkilap, transversely luti; gaya 2-2,2 mm panjang , stigmas 2, tapi kadang-kadang belum sempurna dengan ketiga; hypogynous bristles 4-6, kecuali untuk retrorsely scabrous dasar, selama 4 atau sedikit yang jauh melebihi achene, setengah yang lain selama achene atau singkat.
Habitat
rawa-rawa dan tempat-tempat terbuka, sepanjang roadsides, dan terutama di sawah, di elevations dari permukaan laut hingga 150 m"
Perbanyakan
Dengan biji
Penyebaran
terjadi di tempat basah, sering di sawah, dari selatan ke Malesia Jepang dan India, terpisah di Hawai'i dan Indonesia, Dari India melalui Asia tenggara dan Jepang ke Malesia dan utara Australia, terjadi sebagai adventive lainnya di bagian Pasifik
Pengendalian
Penyemprotan dengan volume tinggi 10 -20 gr / ha













 
Klasifikasi Gulma
1.

Cyperus rotundus ( Teki )Gulma golongan teki
Klasifikasi
Kingdom : PlantaeSubkindom : TracheobiontaSuperdivisi : SpermatophytaDivisi : MagnoliophytaKelas : LiliopsidaSubkelas : CommelinidaeOrdo : Cyperales
http://htmlimg2.scribdassets.com/4e3oh5m35syj1tw/images/1-7cc8590907.jpg
http://sync.mathtag.com/sync?mt_exid=2&admeld_user_id=2da85767-87c5-41df-ad5a-c6eb517c41e7&admeld_adprovider_id=296&admeld_call_type=redirect&admeld_callback=http://tag.admeld.com/match
 
2
.

 Ageratum conyzoides
( babadotan )
Gulma golongan daun lebar 
Gambar 2. Gulma
 Ageratum conyzoides

Klasifikasi
Kingdom : PlantaeFamili : AsteraceaeGenus : AgeratumSpesies :
 Ageratum conyzoides

De
skripsi

Morfologi

H
e
rba satu tahun
, tegak atau berbaring dan dar bagian ini keluar akarnya.. Tinggi tanamankurang lebih
1 ± 1.2 m.Batang

bulat,
berambut jarang.
D
aun bawah b
e
rhadapan dan b
e
rtangkai cukup panjang
, yang teratas tersebar dan bertangkai pendek. Helaian daun bulat telur 

No comments:

Post a Comment

BAGI ANDA YANG MEMPUNYAI BLOG, SILAHKAN BERKOMENTAR MENGGUNAKAN NAME/URL... KOMENTAR MENGGUNAKAN ANONIM ATAU BROKEN LINK TIDAK AKAN SAYA RESPON DAN AKAN SEGERA DIHAPUS.