cari sesuatu om? ketik disini aza yaw

Sunday, April 15, 2012

sejarah demokrasi yunani


Sejarah kuno Yunani
- sampai 3000-an tahun Sebelum Masehi (jadi 5000 tahun yang lalu) – 1000 tahun Sebelum Masehi, bangsa Kykladen.
- Tahun 2600 Sebelum Masehi – 1200 Sebelum Masehi, bangsa kretis atau minois memasuki Kreta, yang berakhir karena gunung berapi (tahun 1500 – 14500 SM)
- Budaya Mykene antara tahun 1600 sampai 1200 SM
- Waktu geometri antara tahun 1200 sampai 800 SM
- Waktu Arkhais 800 – 500 SM, waktu gelap Yunani
- Waktu perang dengan Persia 500 – 336 SM
- Epos Hellenistis 336 – 145 SM
- Waktunya orang Romawi 146 SM – 330 M
- Perioda Bizantium 330 M – 1453 M

Demokrasi
Demokrasi dan Yunani memang erat hubungannya, bentuk demokrasi ini pertama kali dilakukan di Yunani. Sejarahnya bisa ditelusuri di sana sampai 2500-an tahun yang lalu (kurang lebih. 500–336 Sebelum Masehi). Masa itu, di mana negara-negara lain berbentuk kerajaan, di negara kota seperti Athena dan Sparta di Yunani penduduknya sudah mengenal pemilihan umum, di Athena bahkan sudah ada musyawarah untuk memutuskan perdamaian, perang, siapa yang akan memegang tampuk kekuasaan, persetujuan dengan kota-kota lain dan bagaimana uang yang dibutuhkan dikumpulkan dan kemudian dikeluarkan.
Namun walaupun mereka telah melakukan pemilu dan musyawarah, hak semua warganya tidak sama, bagi wanita, budak dan orang asing bahkan sebagian besar laki-laki. Yang menjadi warga di Athena dan di Sparta hanya laki-laki dari keluarga kaya, kurang leibh satu dari 10 laki-laki yang ada. Jadi yang lainnya tidak memiliki hak bicara, bahkan budak-budak seringkali adalah tahanan perang yang diperlakukan seperti binatang, mereka dibeli atau kemudian dijual lagi, mereka harus bekerja untuk pemiliknya terkadang tanpa gaji, yang bernasib baik dan bergaji, dengan berjalannya waktu mereka bisa membeli bebas mereka sendiri.
Athena dan Sparta
Zaman dulu memang Yunani sebuah negara yang kuat dan penting di laut Tengah dari sebelum tahun 2000-an Sebelum Masehi sampai kurang lebih tahun 200-an Masehi. Masa jayanya disebut masa klassik di tahun 500 – 400 Sebelum Masehi. Tahun pentingnya yang mempengaruhi perkembangan peradaban Eropa antara tahun 800 – 146 Sebelum Masehi, ketika Yunani jadi bagian dari bangsa Romawi.
Yunani dulu tidak terdiri dari negara kesatuan tapi terdiri dari negara kota kecil-kecil, dan terpenting adalah Athena dan Sparta. Keduanya seringkali berperang untuk menguasai seluruh Yunani. Peperangan antara keduanya dikenal dengan sebutan perang peloponnes yang berlangsung 30 tahun dari 431 -404 Sebelum Masehi, pemenangnya adalah Sparta tapi tentu saja kemenangan yang tidak ada artinya karena kedua negara kota itu pada akhirnya kehabisan tenaga.
Kehidupan
Di dalam kota tua Athena ada Akropolis yaitu benteng untuk mempertahankan diri terhadap musuh dan di atas gunungnya terdapat biara penting parthenon untuk menyembah dewi Athene, dewi kebijaksanaan, seni dan ketrampilan, konon menurut kepercayaan orang Yunani, ia dilahirkan dari kepala Zeus, dewanya dewa Yunani.
Di negara-negara kota Yunani ini zaman dulu sudah beredar uang sendiri-sendiri, uang dari Athena misalnya dikenali dari lambang burung hantunya. Orang Yunani ini dikenal pemikir dan sangat ingin tahu. Sehingga tidak heran mereka banyak melahirkan peneliti, penemu, pemikir dan terutama filosof, orang-orang terpenting bagi mereka. Dari arti katanya filosofi artinya ‚cinta akan kebenaran’ demikian juga dengan Astronomi, orang Yunani mengerti banyak tentang ilmu perbintangan ini, bahkan sudah dari dulu mereka tahu bahwa bumi mengapung di angkasa dan sebagai bola yang berotasi di sumbunya.
Mereka bahkan dulu sudah dapat memprediksi kapan gerhana matahari, walaupun ada juga terjadi kesalahan fatal yang dilakukan misalnya oleh Ptolomeus (87 – 165 M) ia mengira bumi adalah pusat perputaran angkasa bahkan pendapat ini berlaku sampai ratusan tahun lamanya.
Olimpiade sekarang ini yang dimulai sejak tahun 1894 berasal dari pesta olahraga di zaman antik di Olympia (gambar samping), di sebelah Barat Peloponnes, tempat kelahiran olimpiade. Olimpiade dimulai dengan teratur 4 tahun sekali sebenarnya sejak tahun 776 SM. Konon penyelenggaraan olimpiade ini pun bisa ditelusuri asal usulnya hingga tahun 2000-an SM. Tentu saja pada awalnya pertandingan ini bertujuan untuk menghormati dewanya dewa mereka Zeus dan pahlawan kedewaan mereka Pelops. Di masa jayanya pertandingan ini berlangsung selama 5 hari.
Orang-orang terkenal Yunani
Sejak dulu di Yunani hanya anak laki-laki berumur antara 7 – 15 tahun dan tergantung dari besar pembayaran, yang dapat mengenyam pendidikan. Anak-anak perempuan belajar di rumah dari ibunya bagaimana mengatur rumah tangga. Di Athena, anak-anak ini belajar menulis, membaca, berhitung, musik, literatur dan olahraga. Sedangkan di Sparta pendidikan mereka lebih tekankan untuk menjadi tentara yang kuat, sehingga bayi-bayi yang sakit dan lemah dibiarkan meninggal di gunung.
Orang Yunani dulu sangat senang menulis dan mereka menuliskannya juga dengan baik di atas batu atau papyrus yang didatangkan dari Mesir, tentang dewa-dewa, sejarah pertanian, perbelanjaan mereka sehingga banyak cerita-cerita Yunani yang masih dikenal hingga kini. Mereka juga menyukai teater misalnya penyair tekenal Homer dengan Ilias dan Odyssee.
Buku ini mengambarkan kisah jatuhnya Troja, perang antar orang Mykener (Menelaos) dan Troja yang terkenal dengan kuda Trojanya. Tadinya saya pikir Troja ada di Yunani lho ternyata ada di Turki, konon kisahnya diawali saat 3 dewi Aphrodite, Helena istri Zeus dan Athena meributkan siapa yang tercantik diantara mereka, lalu karena mereka tetap tidak sepakat, mereka bertanya ke seorang pangeran bernama Paris dari kerajaan Troja di Turki sekarang.
Paris pun kemudian memilih Aprodite sebagai dewi tercantik dan sebagai hadiah Aphrodite menghadiahkan Helena, gadis tercantik sedunia, yang telah menjadi istri dari Menelaos, rajanya Sparta. Dari sinilah perang dimulai, karena Paris tidak saja menculik Helena tapi juga mencuri harta karunnya Menelaos.
Orang-orang terkenal Yunani diantaranya :
1- Homer, penyair tertua yang namanya terkenal, diperkirakan ia hidup di tahun 800- SM di Asia kecil atau Turki sekarang, menurut legendanya ia buta.
2- Thales, (625 – 546 SM) pendiri filosofi, sains dan astronomi. Sudah sejak zamannya Plato dan Aristoteles, ia dikenal sebagai pendiri Filosofi, Sains dan terutama Astronomi. Ia berlaku sebagai tujuh orang bijaksana. Istilah tujuh orang bijaksana di zaman antik seorang politikus, penyair dan filosof yang sangat dihormati.
3- Anaximandros (611-546). Ia disebut-sebut sebagai murid dan penerus Thales. Baik Anaximandros maupun Thales meneliti tentang awal kehidupan.
4- Pythagoras, (580 – 500 SM) Paling terkenal sekarang adalah rumus Pythagoras (a2 + b2 = c2) di Geometrie. Pythagoras belajar dan tinggal di Mesri selama 22 tahun, ai di sana belajar ilmu perbintangan, geometri dan misteri kedewaan.
5- Herodot von Halikarnassos (* 484 v. Chr., † 425 v. Chr.) adalah seorang sejarawan, geograpf dan ilmu kebangsaan Yunani.
6- Sokrates (469-399 SM). Ia tidak meninggalkan satupun tulisan, apa yang menjadi buah pikirannya dikenal melalui muridnya Plato, yang tertulis dalam karya-karyanya.
„Kenalilah diri sendiri „ adalah kata-kata bijak Sokrates yang terkenal, ia memiliki gambaran manusia yang positif dan menjunjung tinggi kebenaran dari dirinya sendiri sehingga ia lebih memilih mati daripada membohong.
Kematiannya yang tragis dan peristiwa kematiannya ditulis oleh Plato. Filosofi Yunani adalah teori pertama tentang alam.
7- Plato, murid Sokrates (427-347 SM) mendirikan Akademi sekolah filosofi di Athena.
8- Aristoteles (384 – 322 SM) seorang ilmuwan dan guru dari Alexander der Große
9- Hippokrates (460 – 377 SM) ahli ilmu pengobatan,
10- Ertosthenes, filofof Yunani dan peneliti berhasil menghitung keliling bumi hampir tepat dengan hanya melihat sudut jatuhnya sinar matahari.
11- Archimedes (konon lahir tahun 287 SM di Sirakus, Sisilia dan meninggal tahun 212 SM) seorang matematikawan dan insinyur.
12- Alexander der Größe, seorang tuan Yunani-Makedonia, yang sesudah kematian Philipps 336 SM, ayahnya, pergi ke Asia dan merebut dalam beberapa tahun saja keseluruhan kekuasaan Persia, yang ketika zaman itu berlaku paling luas di atas bumi.

Kekalahan Yunani ke Romawi 146 SM sampai 330 SM
Sejarah Eropa dimulai di Yunani. Herodot adalah penulis sejarah ilmiah pertama. Setelah kematian Alexader der Größe, Akhair dan Sparta saling berperang dan melemah, kesempatan ini tentu saja tidak disiasiakan oleh Romawi yang sedang berekspansi, Koloni Yunani di Selatan Itali dan Sisilia adalah koloni Yunani pertama yang jatuh ke tangan Romawi,
Dan pada akhirnya Yunani jatuh menjadi salah satu propinsi Romawi tahun 146 SM. Bangsa Romawi memang berhasil menguasai Yunani tapi budaya dan tradisi Yunani berhasil menguasai budaya dan tradisi Romawi terbukti pengaruh Yunani sangat kental tercermin dalam kebudayaan Romawi seperti teaternya, ilmu pengetahuan dan bangunannya. Bahkan dewa-dewa Romawi adalah dewa-dewa Yunani, hanya namanya saja yang berbeda membuat saya sering tertukar-tukar mana yang berasal dari Yunani mana yang dari Romawi seperti :
Yunani
Romawi
Zeus
Jupiter
Hera
Juno
Ares
Mars
Hephaistos
Vulcanus
Aphrodite
Venus
Poseidon
Neptunus
Athene
Minerva
Dionysos
Bacchus
Apollon
Apollo
Demeter
Ceres
Hermes
Mercurius
Hades/Pluton
Pluto
Hestia
Vesta
SEJARAH DEMOKRASI YUNANI
Kira-kira 500 tahun Sebelum Masehi, sejarah demokrasi dicatat karena ada sekelompok kecil manusia di Yunani dan Romawi yang mulai mengembangkan sistem pemerintahan yang memberikan kesempatan yang cukup besar bagi publik untuk ikut serta dalam merancang keputusan. Perkembangan yang paling penting bagi sejarah demokrasi, dalam berbagai literatur, telah terjadi di Eropa. Tiga di antaranya di sepanjang Pantai Laut Tengah (Yunani dan Romawi), yang lainnya di Eropa Utara.
Sudah lazim diceritakan, istilah demokrasi berasal dari Yunani Kuno, democratia. Plato yang memiliki asli Aristocles (427-347 SM) sering disebut sebagai orang pertama yang memperkenalkan istilah democratia itu. Demos berarti rakyat, kratos berarti pemerintahan. Demokrasi menurut Plato kala itu adalah adanya sistem pemerintahan yang dikelola oleh para filosof. Hanya para filosoflah yang mampu melahirkan gagasan dan mengetahui bagaimana memilih antara yang baik dan yang buruk untuk masyarakat. Belakangan diketahui sebetulnya yang diinginkan oleh Plato adalah sebuah aristokrasi.

Selain Plato dan Aristoteles, salah satu nama lain yang dianggap memberikan kontribusi adalah Chleisthenes. Dialah tokoh yang telah mengadakan berbagai pembaruan Athena dalam sebuah sistem pemerintahan kota (Hornblower dalam Dunn, 1992). Pada 508 SM, Chleisthenes membagi peran warga Athenda ke dalam 10 kelompok, di mana masing-masing terdiri dari beberapa demes yang mengirimkan wakilnya ke Majelis yang terdiri dari 500 orang wakil.

Selain Chleisthenes, juga dikenal nama lain seperti Solon (638-558 SM yang dikenal sebagai tokoh pembuat hukum, Pericles (490-429 SM yang dikenal sebagai jenderal yang negarawan, Demosthenes (385-322 SM) yang dikenal sebagai orator (Ghofur, 2002).

Sering dikisahkan bahwa di Yunani dan Romawi pada 500 SM itulah pertama kali dilahirkan suatu sistem pemerintahan yang memberi partisipasi rakyat melalui sejumlah besar warga negara. Sistem pemerintahan yang demikian merupakan perkembangan dari model sebelumnya yang didominasi oleh sistem kerajaan, kediktatoran, aristokrasi atau oligarki.

Tetapi harus dipahami bersama, Yunani Kuno bukanlah sebuah negara dalam pengertian kita yang modern saat ini, yaitu suatu tempat di mana semua orang Yunani hidup dalam sebuah negara dengan satu pemerintahan (Dahl, 2001). Yunani Kuno masa itu adalah sebuah tempat di mana berkumpul ratusan kota yang merdeka, yang masing-masing dikelilingi oleh daerah pedalaman. Negara Yunani saat itu adalah gambaran tentang sebuah negara-kota atau polis. Sebuah negara-kota tentu saja sangat berbeda dengan ciri khas negara-negara modern saat ini yang kita sebut sebagai negara-modern, negara-bangsa atau negara-nasional, seperti Amerika, Prancis, Jepang ataupun Indonesia.

No comments:

Post a Comment

BAGI ANDA YANG MEMPUNYAI BLOG, SILAHKAN BERKOMENTAR MENGGUNAKAN NAME/URL... KOMENTAR MENGGUNAKAN ANONIM ATAU BROKEN LINK TIDAK AKAN SAYA RESPON DAN AKAN SEGERA DIHAPUS.